• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Kediri Raya

Wiranu Expo, Upaya Nahdliyin Blitar Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Wiranu Expo, Upaya Nahdliyin Blitar Wujudkan Kemandirian Ekonomi
Pembukaan Wiranu Expo. (Foto: NOJ/Pransiska)
Pembukaan Wiranu Expo. (Foto: NOJ/Pransiska)

Blitar, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Selorejo, Blitar menggelar kegiatan Wira Usaha Kecil dan Menengah Nahdlatul Ulama (Wiranu) Expo dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi Nahdliyin di kecamatan setempat. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Sumberagung, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, Senin (24/10/2022).

 

Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kecamatan Selorejo Erwin Adiwinata menerangkan, Wiranu Expo merupakan pameran untuk mengenalkan produk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nahdliyin kepada masyarakat.

 

"Wiranu Expo ini menyuguhkan berbagai produk unggulan Nahdliyin Selorejo meliputi aneka keripik, kue, minuman herbal, kopi hingga kerajinan tangan," katanya kepada NU Online Jatim.

 

Menurutnya, melalui kegiatan Wiranu Expo tersebut produk-produk UMKM yang dijajakan dapat dikenal serta semakin berkembang di pasar Indonesia hingga luar negeri. Salah satunya kopi, produk kopi selorejo telah dikenal sebagai produk kopi yang berkualitas di Kabupaten Blitar.

 

Oleh karena itu, dirinya akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM untuk meningkatkan kreativitas serta inovasi-inovasi baru.

 

"Perlu kita sadari selain meningkatkan kemandirian ekonomi warga NU, kegiatan ini mampu membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran," terang Erwin.

 

Dalam pantauan NU Online Jatim, kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut menyuguhkan berbagai perlombaan serta pementasan menarik. Meliputi pameran produk UMKM NU, lomba mewarnai, lomba fashion show, gema sholawat, doa bersama dan open donasi untuk korban banjir serta apel Hari Santri 2022.

 

Selain itu, penyelenggara acara Wiranu Expo juga menyediakan pelayanan pengobatan, dan perizinan bagi pelaku  UMKM untuk masyarakat setempat secara gratis.

 

"Meski kegiatan ini pertama kali dilaksanakan, dan terkendala hujan deras melanda selama acara berlangsung,  masyarakat sangat antusias dan tak jarang saya temui pengunjung dari luar Selorejo, ini merupakan pencapaian yang luar  biasa," ungkapnya.

 

Dirinya optimis, ke depan produk UMKM NU di Kabupaten Blitar khususnya Selorejo semakin berkembang.

 

"Serta dapat terwujudnya kemandirian ekonomi kreatif Nahdliyin Blitar melalui program Wiranu," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru