• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

LAZISNU Sidoarjo Berikan Modal Usaha Kemandirian Ekonomi

LAZISNU Sidoarjo Berikan Modal Usaha Kemandirian Ekonomi
LAZISNU Sidoarjo saat memberikan bantuan alat masak kepada ODS di Desa Balongmacekan, Kecamatan Tarik. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
LAZISNU Sidoarjo saat memberikan bantuan alat masak kepada ODS di Desa Balongmacekan, Kecamatan Tarik. (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sidoarjo memiliki program bantuan modal usaha kepada Orang dengan Skizofrenia (ODS) yang keadaannya sudah stabil dan sudah mampu berbaur di tengah-tengah masyarakat.


Bendahara LAZISNU Sidoarjo, Lilik Azkiyatul Masruroh mengatakan,  program di atas merupakan tindak lanjut dari  program Community Health Empowermen for Early-Detecting and Reintegrating of Skizofrenia (CHEERS) atau Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat untuk deteksi dini dan reintegrasi skizofrenia dari Pengurus Besar Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) bekerja sama dengan Yayasan Lentera.


“Jadi LKNU yang juga bekerja sama dengan dinas kesehatan dan pukesmas mempunyai program memberi perhatian, perawatan, dan kontrol kepada ODS di masing-masing daerah,” ujarnya saat dihubungi NU Online Jatim, Selasa (24/04/2022).


Dijelaskannya, setelah ODS keadaannya stabil dan telah mampu berbaur dan berinteraksi ditengah masyarakat, LAZISNU masuk untuk memberikan modal usaha sebagai penguatan kemandirian ekonomi ODS tersebut.


“Hari Ahad (22/05/2022) lalu kami bersama LAZISNU Tarik memberikan bantuan kepada tiga ODS yang ada di Kecamatan Tarik, tepatnya di Desa Balongmacekan, Desa Gampingrowo dan Desa Sebani,” ungkapnya.


Lilik menerangkan, terkait bentuk modal yang diberikan kepada ODS itu beragam sesuai keinginannya. Disebutkan ODS asal Desa Balongmacekan dan Gampingrowo menginginkan berjualan gorengan. Maka LAZISNU memberi bantuan kompor, wajan dan alat lain yang dibutuhkan untuk berjualan.


“Kalau ODS di Desa Gamping kamarin minta jualan jajan anak-anak. Sebelumnya sudah jualan tetapi yang kulakan saudaranya. Alhamdulillah sekarang dia sudah bisa dan berani kulakan sendiri,” terangnya.


Dirinya menambahkan, orang dengan gangguan jiwa seperti halnya orang sakit jasmani secara umum, harus tetap peduli dan mendukung untuk kesembuhan mereka.


“Kita patut berikan apresiasi dalam setiap usaha dan kemampuannya agar mereka bisa stabil dan produktif layaknya manusia yang lainnya,” pungkasnya.


Sementara Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tarik, H Siaman bersyukur dan sangat mengapresiasi dengan kegiatan di atas. Ia berharap tetap ada pendampingan yang berkelanjutan untuk meningkatkan  penjualan dan variasi yang dijual.


“Semoga kedepannya ada terobosan berkelanjutan untuk mengembangkan usaha mereka,” tandasnya.


Metropolis Terbaru