• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Metropolis

LAZISNU Sidoarjo Berhasil Himpun Dana ZIS Senilai Rp21 Miliar Lebih

LAZISNU Sidoarjo Berhasil Himpun Dana ZIS Senilai Rp21 Miliar Lebih
Laporan penghimpunan ZIS PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo selama Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah.
Laporan penghimpunan ZIS PC NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo selama Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah.

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo beberapa waktu lalu telah melaporkan total penghimpunan dan penyaluran dana selama Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah.


Ketua PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Abdul Mujib mengatakan, penghimpunan dan penyaluran Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS) pada Ramadlan tahun ini mencapai Rp21.585.395.950.


Ia menambahkan, penghimpunan dana ZIS tersebut sesuai dengan data laporan yang masuk dari Unit Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah (UPZIS) di 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo, ditambah laporan dari beberapa lembaga pendidikan.


“Ditambah laporan dari beberapa lembaga pendidikan, capaian ZIS tahun 2022 ini sudah kami laporkan kepada PW NU Care-LAZISNU Jatim dan masyarakat umum. Data tersebut merupakan akumulasi dari total penghimpunan zakat fitrah, zakat mal, infak dan shadaqah, dengan total muzakki sebanyak 397.074 orang dan mustahiq sebanyak 135.555 orang,” katanya kepada NU Online Jatim, Jumat (13/05/2022).


Menurutnya, ada tiga tahapan yang dilakukan oleh PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo dalam pengelolaan ZIS Bulan Ramadhan kali ini.


 Pertama, penguatan kapasitas amil dengan mengadakan madrasah amil menyasar pengurus LAZISNU di semua tingkatan.


“Termasuk juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar lewat pengajian rutin atau pertemuan yang dilaksanakan oleh teman-teman pengurus. Kami juga melibatkan Lembaga Bahtsul Masail, Aswaja NU Center dan LDNU untuk turut serta melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap warga Nahdliyin di Sidoarjo,” tegas Mujib.


Tahap kedua, PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo melakukan upaya penataan administrasi baik dalam hal pelaporan maupun penerbitan Surat Keputusan (SK) Amil Syar’i secara berjenjang di seluruh tingkatan.


"Adapun tahap ketiga, kita melakukan aksi penghimpunan ZIS di masjid dan mushala bekerjasama dengan PC LTMNU Sidoarjo. Kami juga membuka layanan gerai ZIS di RSI Siti Hajar untuk melakukan optimalisasi penghimpunan zakat profesi pimpinan, karyawan berhasil memperoleh dana zakat mal sekitar 60 juta. Selain itu, juga dibuka gerai ZIS di Alun-alun Sidoarjo,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Mujib mengemukakan, pihaknya mengapresiasi pengurus Jaringan Pengelola Zakat, Infak dan Shadaqah (JPZIS) eLZIS Karim Jatim yang telah menyalurkan zakat malnya melalui PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo.


“Terima kasih juga kepada seluruh jajaran pengurus LAZISNU di berbagai tingkatan  dan semua pihak yang telah berperan aktif dalam penghimpunan ZIS selama Bulan Ramadhan tahun ini. Penghimpunan ZIS Ramadhan tahun ini sudah maksimal, harapan kedepan bisa mecapai target yang lebih besar lagi,” ujarnya.


Dirinya mengimbau kepada masyarakat di kawasan Kabupaten Sidoarjo agar tidak ragu untuk menyalurkan ZIS-nya melalui PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo.


ZIS tersebut bisa disetorkan melalui transfer ke Bank Muamalat nomor rekening  7010999000 (Infak) dan nomor rekening 7010999990 (Zakat). Atau bisa juga lewat Bank Central Asia (BCA) nomor rekening 0186647666 (Infak) dan nomor rekening 0186624666 (Zakat).


Editor:

Metropolis Terbaru