• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Keislaman

Doa Rasulullah ketika Berhadapan dengan Orang Menjengkelkan

Doa Rasulullah ketika Berhadapan dengan Orang Menjengkelkan
Ilustrasi berhadapan dengan teman yang ngeyel. (Foto: NOJ/dream.co.id)
Ilustrasi berhadapan dengan teman yang ngeyel. (Foto: NOJ/dream.co.id)

Seseorang ketika berbicara dengan teman terkadang menyenangkan, tetapi bisa juga menjengkelkan. Harus ekstra sabar menghadapinya.


Hal ini terbukti ketika sudah menjelaskan sesuatu dengan detail dan berulangkali, tetapi teman tersebut tidak bisa menangkap pembicaraan.


Hal ini bisa dipahami mungkin karena antara lain mereka kurang puas dengan penjelasan yang ada. Hanya saja kita yang menganggap penjelasan itu sudah memadai kadang merasa jengkel. Namun bagaimanapun kita harus melayani kawan bicara itu dengan santun dan kepala dingin.


Dalam keadaan seperti ini, Rasulullah SAW membaca doa sebagai berikut.


يَرْحَمُ اللهُ مُوْسَى قَدْ أُوْذِيَ بِأَكْثَرَ مِنْ هَذَا فَصَبَرَ


Yarhamullâhu Mûsâ qad ûdziya bi aktsara min hâdzâ, fa shabara.


Artinya: Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada Nabi Musa AS yang telah disakiti lebih banyak dari sekadar ini, lalu ia bersabar.

 


Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika menghadapi salah seorang sahabatnya yang dengan ngeyel mempertanyakan keadilan pembagian rampasan perang. Riwayat ini dicantumkan oleh Imam An-Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.


Keislaman Terbaru