• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Keislaman

Kurban dengan Uang Tunai, Apakah Sah?

Kurban dengan Uang Tunai, Apakah Sah?
Kurban tidak boleh dengan nilai uang. (Foto: NOJ/FGv)
Kurban tidak boleh dengan nilai uang. (Foto: NOJ/FGv)

Saat ini umat Islam telah memasuki bulan Dzulhijjah. Dan salah satu ibadah yang disarankan adalah puasa, shalat Idul Adha, hingga kurban.

 

Kurban merupakan ibadah tahunan yang dianjurkan untuk mereka yang mampu membeli hewan ternak minimal satu kambing untuk dirinya. Tetapi agama tidak memberikan batas maksimal berapa ekor hewan ternak untuk kurban satu orang. Artinya, seseorang boleh saja berkurban 5, 10, 100, 1000, atau lebih ekor hewan ternak untuk satu orang. Lalu bagaimana dengan kurban dengan uang?

 

Kurban dengan uang ini bisa dipahami sebagai ibadah kurban dengan bersedekah uang seharga hewan ternak dan bisa juga dipahami sebagai ibadah kurban dengan menitipkan uang seharga hewan ternak kepada lembaga, institusi, panitia kurban, atau takmir masjid yang melayani penitipan dan penyaluran kurban. Kalau yang dimaksud praktik kurban dengan uang ini adalah bersedekah uang seharga hewan ternak tanpa membeli dan menyembelih hewan ternak, maka ibadah kurban ini tidak sah.

 

Artikel diambil dariHukum Ibadah Kurban dengan Uang

 

Dengan kata lain, orang yang berkurban dengan praktik seperti ini tidak mendapatkan pahala atau keutamaan ibadah kurban sebagaimana yang dimaksud dalam syariat Islam. Meskipun demikian, orang yang bersangkutan hanya mendapatkan pahala atau keutamaan sedekah biasa.

 

Masalah ini pernah diangkat dalam forum bahtsul masail di Situbondo pada Muktamar ke-27 NU 1984 M. Para kiai peserta forum yang ketika itu dipimpin oleh KH Ali Yafie memutuskan bahwa kurban tidak boleh dengan nilai uang, tetapi dengan hewan ternak yang sifatnya ditentukan di dalam kitab-kitab fiqih.

 

Forum Muktamar NU di Situbondo pada 1984 M ini mengutip kitab Riyadhul Badi’ah karya Syekh M Nawawi al-Bantani yang kami kutip sebagai berikut:

 

 لاَ تَصِحُّ التَّضْحِيَّةُ إِلاَّ بِاْلأَنْعَامِ وَهِيَ اْلإِبِلُ وَالْبَقَرُ اْلأَهْلِيَّةُ وَالْغَنَمُ لأَنَّهَا عِبَادَةٌ تَتَعَلَّقُ بِالْحَيَوَانِ فَاخْتُصَّتْ بِالنَّعَمِ كَالزَّكَاةِ فَلاَ يُجْزِئُ بِغَيْرِهَا

 

Artinya: Kurban tidak sah kecuali dengan hewan ternak, yaitu unta, sapi, atau kerbau dan kambing. Hal ini, karena kurban itu terkait dengan hewan, maka dikhususkan dengan ternak sama seperti zakat, sehingga tidak sah selain dengan hewan ternak. (lihat Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Riyadhul Badi’ah, [Mesir, Al-Amiratus Syarafiyah: 1326 H], jilid IV, halaman: 695).

 

 

Disarankan mereka yang ingin melangsungkan ibadah kurban untuk memastikan integritas lembaga atau panitia kurban yang membuka penerimaan ibadah kurban melalui transfer ke rekening tertentu. Demikian pula orang yang ingin berkurban untuk mengetahui di mana hewan kurbannya dititipkan dan disembelih. Dan sebaiknya orang yang berkurban mendatangi tempat penyembelihan hewan kurbannya pada hari pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

 

Wallahu a‘lam.​​​​​​


Editor:

Keislaman Terbaru