• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Keislaman

Sejumlah Surat yang Disarankan Dibaca saat Hari Jumat

Sejumlah Surat yang Disarankan Dibaca saat Hari Jumat
Ada sejumlah surat dalam Al-Qur'an yang disarankan untuk dibaca saat hari Jumat. (Foto: NOJ/NU Network)
Ada sejumlah surat dalam Al-Qur'an yang disarankan untuk dibaca saat hari Jumat. (Foto: NOJ/NU Network)

Dipertemukan dengan hari Jumat adalah di antara nikmat yang harus disyukuri. Dan cara berterima kasih atas kurnia berada di hari istimewa tersebut dengan memperbanyak membaca surat Al-Qur’an yang memang disarankan.


Seperti diketahui bahwa Jumat termasuk hari yang dimuliakan dalam Islam. Bahkan, dalam hadits riwayat Ibnu Majah disebutkan: “Hari Jumat adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam.” Hal ini mmeberikan pesan bahwa Jumat adalah termasuk hari istimewa yang akan sangat disayangkan kalau berlalu begitu saja.


Ada banyak keutamaan dan manfaat bila mengerjakan amaliah sunah Jumat. Sebab itu, Rasulullah menganjurkan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan sunah di hari Jumat. Di antara amalan sunah yang dianjurkan di hari Jumat ialah membaca surat-surat tertentu pada saat shalat lima waktu, khususnya shalat Jumat. 


Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menjelaskan sebagai berikut:


   ويسن للحاضر في صلاته جمعة وعشائها سورة الجمعة والمنافقون أو {سَبِّحِ} [سورة الأعلى] {وَهَلْ أَتَاكَ} [سورة الغاشية] وفي صبحها أي الجمعة إذا اتسع الوقت {الم تَنْزِيلُ} [سورة السجدة] السجدة و {هَلْ أَتَى} [سورة الإنسان] وفي مغربها الكافرون والإخلاص ويسن قراءتهما في صبح الجمعة وغيرها للمسافر


Artinya: Disunahkan bagi orang yang hadir (menetap) membaca surat Al-Jumu’ah dan Al-Munafiqun, atau surat Al-A’la dan surat Al-Ghasyiyah saat shalat Jumat dan shalat Isya hari Jumat. Dianjurkan pula membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan pada shalat shubuh dan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas saat shalat Maghrib di hari Jumat.Sementara bagi musafir dianjurkan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas saat shalat shubuh di hari Jumat dan selainnya.


Berdasarkan penjelasan Zainuddin al-Malibari di atas dapat dipahami bahwa pada saat shalat shubuh di hari Jumat disunahkan membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan. Lebih afdhal lagi bila shalat shubuh dilakukan secara berjamaah sembari membaca dua surat itu. 


Pada shalat Jumat, dianjurkan membaca surat Al-Jumu’ah dan Al-Munafiqun, atau membaca surat Al-A’la dan Al-Ghasyiyah. Kedua surat ini juga dianjurkan membacanya ketika shalat isya hari Jumat. Sementara surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas disunahkan membacanya saat shalat maghrib. 

  

Sedangkan bagi orang yang sedang berpergian jauh, atau musafir disunahkan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas pada saat shalat shubuh di hari Jumat. Wallahu a’lam.


Keislaman Terbaru