• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Madura

Bersamaan dengan Muktamar ke-34, Pagar Nusa Resmi Jadi UKM di UTM

Bersamaan dengan Muktamar ke-34, Pagar Nusa Resmi Jadi UKM di UTM
Pagar Nusa UTM setelah selesai Peresmian. (Foto: NOJ/Moh Khss)
Pagar Nusa UTM setelah selesai Peresmian. (Foto: NOJ/Moh Khss)

Sumenep, NU Online Jatim
Persatuan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa resmi menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Jum'at (24/12/2021). Penetapan tersebut dipusatkan di Gedung Rektorat UTM lantai 4.
 

Resminya PSNU Pagar Nusa menjadi UKM di UTM menjadi penantian panjang, sebab pengajuan telah dilakukan sejak 2017 silam.
 

"Waktu yang lama untuk menunjukkan komitmen, dan Pagar Nusa UTM sudah menunjukkan beberapa prestasi di kancah nasional. Karena itu, sistem pembinaan harus lebih sistematis. Semoga ini dapat memperkuat prestasi dan jaringannya," kata Agung Ali Fahmi, Wakil Rektor 3 Bagian Kemahasiswaan UTM.
 

Sebagai bela diri yang lahir dari organisasi keagamaan yang moderat, Pagar Nusa diharapkan dapat mengemban tugas untuk ikut mengawal nasionalisme di tingkat perguruan tinggi.
 

"Harapan Pagar Nusa dapat mengembangkan nasionalisme dan moderasi beragama sangat besar. Apalagi UTM sudah menetapkan, bahwa karakter nasionalis menjadi salah satu ciri sivitas di UTM," tambahnya pada NU Online Jatim.
 

Sementara, Ahmad Syaifuddin selalu ketua Pagar Nusa UTM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu meresmikan. Menurutnya solidaritas yang dibangun oleh semua elemen di lingkungan kampus diharapkan dapat menjadi pemacu semangat Pagar Nusa untuk terus berprestasi.
 

"Saat ini tanggung jawab Pagar Nusa tidak hanyak mengawal ke-NU-an tetapi juga ikut meyumbang prestasi," ujarnya.
 

Lebih lanjut, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam itu juga mengatakan, bahwa resminya UKM Pagar Nusa UTM yang berbarengan dengan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan dapat menjadi keberkahan tersendiri bagi mahasiswa dan sivitas akademika di lingkungan kampus UTM.
 

"Hari ini berbarengan dengan Muktamar ke-34. Bukan sebuah kebetulan, tapi saya yakin ada berkah untuk kita semua," pungkasnya.

Editor: Risma Savhira


Madura Terbaru