• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Madura

BMTNU Jatim Buka Cabang Baru di Ambunten Sumenep

BMTNU Jatim Buka Cabang Baru di Ambunten Sumenep
H Masyudi Kanzillah, Direktur Utama BMTNU Jatim saat peluncuran cabang baru. (Foto: NOJ/ Firdausi).
H Masyudi Kanzillah, Direktur Utama BMTNU Jatim saat peluncuran cabang baru. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Mal wa Tamwil Nuansa Umat (BMTNU) Jawa Timur telah membuka cabang ke-72 di Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep, Selasa (27/07/2021).

 

H Masyudi Kanzillah menjelaskan, tujuan diluncurkannya cabang baru itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mardatillah.

 

"Semakin banyak cabang di berbagai daerah, maka BMTNU akan mengembalikan kemandirian NU. Karena 10 persen laba dari BMTNU untuk membantu perjuangan Nahdlatul Ulama (NU). Pada tahun 2020 lalu, sudah ada Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang mendapatkan dana pengembangan sebesar 130 juta per tahun," kata Direktur Utama BMTNU Jawa Timur tersebut kepada NU Online Jatim.

 

Berdasarkan izin operasionalnya, ia menyatakan pihaknya akan memaksimalkan model koperasi bersyariah yang bermanfaat bagi umat.

 

"Kehadiran BMTNU di setiap daerah akan meningkatkan ekonomi warga NU dan mengurangi praktik rentenir yang masih marak di beberapa tempat. Terus dukung program kami agar terjalin sinergitas dan mewujuhkan cita-cita muassis," pintanya.

 

Pendiri BMTNU Jawa Timur tersebut mengajak dan memberikan peluang kepada seluruh pengurus NU di tingkat kecamatan untuk membuka cabang.

 

"Bagi yang belum membuka cabang, syarat-syaratnya mudah. Pertama, ada surat permohonan dari MWCNU berdasarkan hasil rapat pleno dari pengurus setempat. Kedua, mendapat surat rekomendasari dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat," urainya.

 

Alumni Pondok Pesantren Syafi'iyah Salafiyah Sukorejo Situbondo tersebut mengutarakan bahwa ada enam orang yang dilantik oleh pihaknya dalam pembukaan cabang baru di Ambunten. Sedangkan Kepala Cabang BMTNU Cabang Ambunten dipimpin oleh Nasihol Amin.

 

"Semoga amanah ini benar-benar dijalankan dengan sebaik-baiknya dan bisa mewujudkan cita-cita koperasi," harapnya.

 

Sebelum kantor diresmikan oleh Rais MWCNU setempat, pria kelahiran Gapura itu mengajak kepada Nahdliyin dan Nahdliyat untuk merawat semangat umat agar kuat saat menhadapi badai pandemi Covid-19.

 

 

"Tetap semangat menyongsong masa depan umat dengan mengedepankan ketulusan, keikhlasan, kesungguhan, dan kesabaran untuk meraih kesempurnaan. BMTNU semakin tangguh dan berkah," harapnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru