• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Madura

Buku 'Aku Bisa Menjadi Pramuka Garuda', Kado HUT Pramuka dari Fathoni

Buku 'Aku Bisa Menjadi Pramuka Garuda', Kado HUT Pramuka dari Fathoni
A Fathoni, pengurus Sako Pramuka LP Ma'arif NU Sumenep, penulis buku 'Aku Bisa Menjadi Pramuka Garuda'. (Foto: NOJ/AH)
A Fathoni, pengurus Sako Pramuka LP Ma'arif NU Sumenep, penulis buku 'Aku Bisa Menjadi Pramuka Garuda'. (Foto: NOJ/AH)

Sumenep, NU Online Jatim

Hari Pramuka ke-60 tahun ini terasa istimewa bagi A Fathoni, pemuda asal Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura. Bungahnya membuncah karena di momentum tersebut pengurus Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma'arif NU Sumenep itu berhasil memberikan kado dengan meluncurkan buku Aku Bisa Menjadi Pramuka Garuda.

 

Buku tentang kepanduan itu diluncurkan di hadapan para anggota Pramuka di Auditorium Ar-Rochmah Pondok Pesantren Nasyrul Ulum, Kecamatan Bluto, Sumenep, tepat di hari peringatan HUT Pramuka ke-60, Sabtu (14/08/2021) kemarin. Buku tersebut berisi tentang dasar-dasar kepramukaan, keagamaan, kewarganegaraan, kedisiplinan, dan kreativitas.

 

"Diharapkan buku ini dapat membantu adik-adik dalam memahami materi pramuka yang sesuai dengan syaratsSyarat kecakapan umum pramuka," kata Fathoni saat peluncuran bukunya.

 

Ia menambahkan, buku tersebut juga dilengkapi dengan lagu-lagu Pramuka Garuda. Menurutnya, buku dan lagu adalah satu kesatuan dengan maksud dan tujuan yang sama.

 

"Lagu tersebut tidak hanya berbentuk lirik saja, tapi juga sudah berbentuk suara," imbuh pria yang juga Dewan Sako Pramuka Ma'arif NU Sumenep itu.

 

Dengan buku tersebut, diharapkan dapat melahirkan kader pramuka yang bisa menjadi teladan di lingkungannya. Sehingga dapat meluruskan pandangan remeh masyarakat yang menilai pramuka hanya sebagai organisasi baris-berbaris, tepuk-tepuk, berjemur, dan anggapan kurang elok lainnya.

 

"Padahal, sejatinya pramuka adalah organisasi yang tepat dalam melahirkan generasi unggul yang siap tampil dan terus berkarya sebagai generasi penerus bangsa," tutur Fathoni.

 

Mantan Sekretaris Racana KH Abdullah Sajjad Institut Ilmu Keislaman Annuqayah itu menyampaikan, melalui kegiatan pramuka generasi muda dapat membekali diri dengan ilmu agama, termasuk tentang jam'iyah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah. Hal inilah menurutnya yang dapat dilakukan Sako Pramuka Ma'arif NU sebagai bentuk khidmat kepada muassis.

 

Berikut ini salah satu petikan lirik lagu yang berjudul 'Pramuka Garuda':

 

(C-G-AM-EM)

Langkah pasti ku akan terus bermimpi

(F-G-EM-AM) (F-G-AM)

Di sini kunikmati sampai akhir nanti

(C-G-AM-EM)

Dingin malam panas hujan telah kulewati

(F-G-EM-AM) (F-G-AM)

embun pagi masih setia sambut sang mentari

 

(C-F-G-A)

Aku bisa menjadi pramuka garuda

Di bawah tenda tempatku berkarya

(C-F-G-A)

Aku bisa menjadi pramuka garuda

Selama api unggun terus membara

 

Reff

 

(F-G-EM-AM)

Berjuang terus berjuang itulah tekad kita kawan

(F-G-C)

Walau halangan merintang

(F-G-EM-AM)

Bertahan tetap bertahan walau kadang itu melelahkan

(F-G-AM)

Namun takkan membosankan.

 

Editor: Nur Faishal


Madura Terbaru