• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Madura

Diklatsar Banser di Bangkalan Diikuti Puluhan Kader

Diklatsar Banser di Bangkalan Diikuti Puluhan Kader
Prosesi pembaitan Diklatsar Banser di Bangkalan yang diikuti puluhan kader. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)
Prosesi pembaitan Diklatsar Banser di Bangkalan yang diikuti puluhan kader. (Foto: NOJ/ Sa'dullah)

Bangkalan, NU Online Jatim

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Geger, Bangkalan sukses melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar). Puluhan kader mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren An-Nafi'iyah Kampak Geger Bangkalan.

 

Kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak Jum’at (01/10/2021) hingga Ahad (03/10/2021) ini mengusung tema ‘Mencetak Kader Militan yang Berjiwa Pengabdi, Religius dan Berwawasan Kebangsaan’.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Geger, Badrun Chotib berharap, alumni dari Diklatsar ini nantinya benar-benar siap berkhidmat kepada jamiyah Nahdlatul Ulama. Hal ini karena terkadang banyak kader yang hilang tanpa keterangan pasca pelatihan selesai.

 

"Kami berharap hasil dari pelatihan ini nanti para alumninya siap mengabdi untuk NU, siap dipanggil kapan pun dan di mana pun. Hal ini sesuai dengan tema yang kami usung dalam kegiatan ini," ujar Gus Drun, sapaan akrabnya, saat dihubungi NU Online Jatim melalui perpesanan WhatsApp, Senin (04/10/2021).

 

Selain itu, dirinya juga berharap kegiatan ini menjadi emberio munculnya kembali personil Banser yang terdidik dan terlatih, serta lulus kaderisasi formal.

 

"Kami harap ke depan, banyak lahir pasukan-pasukan Banser yang terdidik, terlatih dan resmi secara legalitas formal sesuai dengan Pedoman Organisasi," ucapnya.

 

Diketahui, mereka dididik dan dilatih langsung oleh tim dari Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser Jawa Timur dan Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Banser Bangkalan.

 

Hadir dalam prosesi pembaiatan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Geger, Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), lembaga dan badan otonom (banom) di lingkungan Kecamatan Geger. Selain itu, hadir pula sejumlah perwakilan dari PAC GP Ansor se-Kabupaten Bangkalan.

 

Penulis: Sa'dullah


Madura Terbaru