• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Madura

Fatayat NU di Pamekasan Bentuk Duta Pemulasaraan Jenazah

Fatayat NU di Pamekasan Bentuk Duta Pemulasaraan Jenazah
Pelaksanaan pelatihan dan pembentukan duta pemulasaraan jenazah oleh PAC Fatayat NU Pademawu, Pamekasan. (Foto: NOJ/ Syarofi)
Pelaksanaan pelatihan dan pembentukan duta pemulasaraan jenazah oleh PAC Fatayat NU Pademawu, Pamekasan. (Foto: NOJ/ Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pademawu, Pamekasan mengadakan pelatihan dan pembentukan duta pemulasaraan jenazah. Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pademawu, Jalan Pademawu Barat, Pademawu, Pamekasan, Kamis (03/03/2021).


Kegiatan ini dihadiri Pembina Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Pamekasan Nyai Juwairiyah, Ketua PC Fatayat NU Pamekasan Nyai Mailah, Ketua PAC GP Ansor Pademawu, dan Forkopimka setempat. Agenda ini diikuti oleh kader Fatayat NU Pademawu, dan 11 peserta delegasi dari masing-masing Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU se-Kecamatan Pademawu.


Ketua PAC Fatayat NU Pademawu Nyai Febriyana Hidayati mengatakan, pelatihan dan pembentukan duta pemulasaraan jenazah ini didasari oleh permintaan masyarakat. Mengingat, seorang perempuan yang ahli dalam pemulasaraan janazah di daerah setempat mulai langka.


"Kami menerima permintaan dari masyarakat di beberapa desa di Pademawu tentang minimnya relawan perempuan yang telaten dalam pengurusan jenazah. Bahkan, di satu desa tidak ada yang tahu, makanya kami terpanggil dan menggelar kegiatan ini," ucapnya.


Perempuan yang karib disapa Nyai Ana itu menjelaskan, agenda tersebut sebagai bentuk pengkaderan untuk melahirkan duta yang fokus pada pemulasaraan jenazah.


"Tadi mereka langsung praktik. Maka, bila ada desa yang membutuhkan seorang ahli pemulasaraan jenazah, nanti kita tinggal kirimkan dari duta ini," terangnya.


Ia memaparkan, pengambilan duta pemulasaraan jenazah ini pihaknya sengaja mengambil dari kalangan muda. "Karena generasi tua sudah banyak yang meninggal, makanya kita mengambil usia muda untuk pengkaderan agar ia leluasa,” ungkapnya.
 


Pihaknya mengaku, Fatayat NU Pademawu selalu berkomitmen untuk ikut andil dan berperan dalam memajukan masyarakat di akar rumput. “ Dan, kegiatan ini merupakan salah satu cara kami untuk mendukung hal itu,” tandasnya.


Madura Terbaru