• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Madura

LAZISNU dan Muslimat NU Pamekasan Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir

LAZISNU dan Muslimat NU Pamekasan Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Banjir
PC Muslimat NU Pamekasan saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: Istimewa)
PC Muslimat NU Pamekasan saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir. (Foto: Istimewa)

Pamekasan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdaltul Ulama (NU) dan Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pamekasan menyalurkan bantuan untuk warga korban banjir, Kamis (03/03/2022). Penyaluran bantuan ini merupakan wujud kepedulian elemen NU kepada sesama yang sedang dilanda musibah.
 

Adapun bantuan yang disalurkan berupa ratusan makanan dan minuman siap saji, minyak, beras, mie, gula serta kecap.
 

Rombongan PC Muslimat NU Pamekassn menyalurkan bantuan di beberapa titik, di antaranya di TK Muslimat NU Pamekasan di Jln Abd Aziz No 95 kota setempat dan di Desa Majungan Pademawu yang merupakan pusat terdampak banjir.
 

Ketua PC Muslimat NU Pamekasan Nyai Mafrudah mengatakan, penyaluran bantuan ini untuk mengurangi beban warga yang terdampak banjir.
 

"PC Muslimat NU hadir untuk memberikan semangat kepada mereka yang terdampak banjir sebab duka mereka adalah duka kita semua," tutur Nyai Maf.
 

Ia menilai, banjir tahun ini lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Makanya selain memberikan makanan siap saji, kami dan amggota juga mrmberikan sembako. Selain saat ini sangat langka, mereka cukup kesulitan untuk mendapatkan bahan -bahan dapur ini, sebab mereka fokus membersihkan genangan air," paparnya.
 

Nyai Maf turut berterima kasih kepada Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur yang telah memberi kepercayaan kepada Muslimat NU Pamekasan untuk menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir.
 

"Selain dari sembako yang telah kami siapkan, kami juga mendapatkan tambahan sembako dari ibu gubernur untuk disalurkan langsung kepada masyarakat yang terdampak banjir di Pamekasan," tuturnya. 
 

Nyai Maf berharap, banjir di Pamekasan semakin surut serta ke depan mendapat perhatian khusus dari pemerintah agar tidak terjadi kembali.
 

Yatun selaku warga Desa Majungan berterima kasih kepada Muslimat NU Pamekasan yang telah membantu meringankan bebannya.
 

"Terima kasih atas bantuan dari Muslimat NU Pamekasan, bantuan ini sangat membantu kami, karena dari kemaren kami fokus membersihkan genangan air yang masuk ke rumah kami," ucapnya.
 

LAZISNU bergerak

Sementara itu, LAZISNU Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan juga bergerak cepat membantu korban banjir pada Selasa (01/03/2022) sore di kawasan jalan Abd Aziz, Kelurahan Juncancang, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan.
 

Bantuan dari LAZISNU Pademawu itu berupa makanan dan minuman siap saji yang diberikan kepada warga yang terdampak banjir.
 

"Kami membawa 150 makanan siap saji untuk dibagikan kepada korban banjir, karena jika dilihat dari situasinya sudah tidak memungkinkan bisa memasak karena dapurnya sudah terendam banjir," kata Ketua LAZISNU Kecamatan Pademawu, Muhammad Nasir.
 

 

Ia menambahkan, aksi gerak cepat kemanusiaan itu sebagai bentuk kepedulian LAZISNU kepada warga sekitar yang tertimpa musibah.
 

"Dalam musibah kali ini tentu banyak yang membutuhkan bantuan, kami merasa terpanggil. Maka dari itu kami langsung menginstruksikan kepada para pengurus lewat group WatshApp tadi untuk terjun ke lokasi yang tertimpa banjir," ucapnya.


Editor:

Madura Terbaru