• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Madura

Habib Umar Ungkap Warisan Nabi yang tidak hanya untuk Keturunannya

Habib Umar Ungkap Warisan Nabi yang tidak hanya untuk Keturunannya
Habib Umar bin Abdullah Al-Muhdor saat mengisi tausiyah acara Wisuda Purna Siswa ke-19 Yasrija Sumenep, Selasa (29/06/2021) malam. (Foto: NOJ/ Romza)
Habib Umar bin Abdullah Al-Muhdor saat mengisi tausiyah acara Wisuda Purna Siswa ke-19 Yasrija Sumenep, Selasa (29/06/2021) malam. (Foto: NOJ/ Romza)

Sumenep, NU Online Jatim

Nabi Muhammad SAW memiliki warisan yang tidak hanya untuk keturunannya. Tetapi juga untuk seluruh umat Islam yang berusaha meraihnya. Warisan tersebut bukan harta atau tahta melainkan ilmu.

 

Hal tersebut dijelaskan Habib Umar bin Abdullah Al-Muhdor saat mengisi tausiyah acara Wisuda Purna Siswa ke-19 di Yayasan Al-Arief Jate Giliraja (Yasrija) Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep, Selasa (29/06/2021) malam.

 

“Kanjeng Nabi Muhammad SAW ini punya satu warisan yang bisa diambil siapapun,” kata Habib asal Kabupaten Jember tersebut.

 

Lebih lanjut ia menyampaikan, warisan Nabi Muhammad itu bukan bersifat duniawi seperti harta atau tahta. Sebab, apabila warisan duniawi hanya akan bisa diambil oleh keturunan Rasulullah.

 

“Kalau warisan dunia bisanya hanya untuk anak cucu. Seandainya warisan kanjeng nabi ini untuk keturunannya, insyaallah habaib saja yang alim,” lanjutnya.

 

Habib Umar kemudian mengungkapkan bahwa warisan Nabi Muhammad yang bisa diambil oleh seluruh umat Islam adalah ilmu. Dari situlah bisa dilihat sikap adil Rasulullah yang tidak hanya mementingkan keturunannya. Tetapi juga berfikir untuk umatnya.

 

“Kanjeng nabi adil. Semua umatnya bisa mengambil warisan kanjeng nabi. Apa warisan kanjeng nabi ini? Ilmu,” ungkapnya.

 

Selain itu, Habib Umar juga menjelaskan supaya umat Islam berusaha mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Salah satunya dengan memperbanyak membaca shalawat.

 

Tidak hanya syafaat Nabi, ada pula syafaat dari Ulama dan Syuhada. “Ulama apabila semakin dekat dengan Allah, maka semakin bisa banyak menebar manfaat kepada umat Islam. Silahkan cabisin (silaturahim). Kenali secara batiniyah kepada ulama. Cintailah ulama,” jelas Habib Umar.

 

Dalam kesempatan itu, Romza Ketua Yasrija mengingatkan pentingnya menguasai teknologi digital termasuk bagi pengelola pendidikan.

 

“Kita harus selalu bisa mengikuti perkembangan teknologi. Bukan berarti larut karena perkembangan teknologi, tetapi harus memanfaatkan dengan baik teknologi,” ujarnya.

 

Ia juga menyatakan akan berusaha untuk memaksimalkan potensi untuk kemajuan dunia pendidikan. “Setiap tahun kita sudah berusaha untuk selalu semakin baik. Termasuk pada tahun ini kita semakin memaksimalkan perkembangan teknologi. Mengkolaborasikan teknologi dalam pelaksanaan rangkaian haflatul imtihan,” kata Romza.

 

 

Sementara itu, Sisik Nindiya Ketua Panitia Hafatul Imtihan Yasrija memaparkan sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangkaian Haflatul Imtihan 2021.

 

Di antaranya lomba mulai tanggal 14 sampai dengan 21 Juni 2021, kegiatan bazar  mulaitgl 14 sampai dengan tanggal 24 Juni 2021, kemudian lepas pisah pada tanggal 27 Juni 2021.

 

Selain itu ada pagelaran pentas seni yang dikemas denga Al-Arief Goldet Star. Serta puncaknya adalah pelaksanaan wisuda purna siswa pada tanggal 29 Juni 202.

 

“Dan juga kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang ikut berpartisipasi membantu kami baik berupa moril maupun materiil, tenaga maupun pikiran demi suksesnya acara yang kami selenggarakan pada malam ini,” kata Sisik.


Editor:

Madura Terbaru