• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Madura

Harlah PMII, Alumni di Sumenep Bantu Rehab Rumah Janda Dhuafa

Harlah PMII, Alumni di Sumenep Bantu Rehab Rumah Janda Dhuafa
IKA PMII di Sumenep bantu merehab rumah Juma, janda dhuafa yang hidup sendirian. (Foto: NOJ/Firdausi)
IKA PMII di Sumenep bantu merehab rumah Juma, janda dhuafa yang hidup sendirian. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ganding, Sumenep, Madura, memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-62 PMII dengan bakti sosial, yakni merehabilitasi rumah seorang janda yang hidup sebatang kara bernama Jumat (57 tahun), Ahad (17/04/2022).


Juma hidup seorang diri di Desa Rombiya Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep. Ia bertahan dengan bertani. Perempuan paruh baya ini benar-benar hidup sendirian. Kedua anaknya tinggal di tempat lain bersama keluarga mereka. Hanya sesekali cucunya yang tengah belajar di pesantren datang menjenguknya.


Penderitaan Juma terasa lengkap karena ia menempati rumah yang tergolong sudah tidak layak huni. Sebelumnya, rumah yang ia tempati roboh akibat hujan dan terjangan angin, sehingga ia harus menempati bagian rumah sebelahnya. Banyak bagian atap yang bocor dan tiang penyangga yang lapuk.


Rusdi, Ketua PAC IKA PMII Ganding menganggap Juma layak dibantu. Namun, bantuan yang ia berikan tidak mungkin cukup.  Menurutnya, perempuan yang sudah lama hidup sendirian itu butuh uluran tangan dari para dermawan, sehingga impiannya memiliki rumah sederhana yang layak segera terwujud.


“Kami hanya memberikan bantuan berupa semen dan atap gelombang. Niat kami ingin meringankan beban Juma yang sedang berjuang memiliki rumah yang layak huni," ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim.


Terpisah, Ghalib Bafadlal, Ketua Pengurus Komisariat PMII Asy'ariyah Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman Ganding, mengajak kepada seluruh orang yang mampu, pedagang dan pemerintah untuk menyisihkan hartanya untuk membantu Juma.


"Semoga Ibu Juma segera memiliki rumah yang layak huni dan gerakan kami menyentuh hati seluruh elemen masyarakat agar berbondong-bondong membantunya,” harapnya.


Madura Terbaru