• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Madura

Kampus STEBIA Bangkalan Sukses Gelar Mapaba Perdana

Kampus STEBIA Bangkalan Sukses Gelar Mapaba Perdana
Luthfi Riadi menyampaikan materi di acara Mapaba PK PMII STEBIA. (Foto: NOJ/Panitia)
Luthfi Riadi menyampaikan materi di acara Mapaba PK PMII STEBIA. (Foto: NOJ/Panitia)

Sampang, NU Online Jatim

Ada yang baru di kampus Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al-Anwar STEBIA, Modung, Bangkalan. Karena kampus setempat telah memiliki kepengurusan organisasi ekstra yakni Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau PMII.

 

Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Masa Penerimaan Anggota Baru atau Mapaba sejak Rabu hingga Sabtu (7-10/04/2021). Kegiatan ini merupakan agenda perdana sekaligus menahbiskan keberadaan PMII di kampus setempat.

 

“PK PMII STEBIA merupakan komisariat baru di Pengurus Cabang PMII Bangkalan. Makanya ini merupakan Mapaba perdana kami,” kata ketua panitia, Supratman, Jumat (09/04/2021).

 

Selama kegiatan Mapaba, peserta memperoleh materi tentang wawasan kebangsaan, keislaman dan motivasi akan pentingnya menjadi aktivis kampus.

 

Luthfi Riadi yang menyampaikan materi terkait motivasi dan wawasan menjelaskan bahwa banyak manfaat yang bisa diraih bagi mahasiswa yang aktif di organisasi ekstra kampus. Pada saat yang sama dirinya juga didaulat sebagai Ketua Majelis Pembina Komisariat (Mabinkom).

 

“Kami, sebagai bagian dari PMII sangat merasa terpanggil untuk terlibat langsung dalam proses kaderisasi PMII, di manapun, lebih-lebih di Bangkalan ini,” kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut.

 

Luthfi juga memberikan apresiasi kepada Pengurus Komisariat PMII STEBIA yang telah berhasil melaksanakan Mapaba. Apalagi pelaksanaannya lumayan lama yakni empat hari. Dengan demikian diharapkan peserta memiliki wawasan yang memadai sesuai materi yang disampaikan narasumber.

 

“PMII telah memberikan banyak kontribusi untuk bangsa ini, maka sudah selayaknya kita mempertahankan dan meneruskan perjuangan para pendahulu,” terangnya.

 

Mapaba diikuti oleh 12 peserta, yang sebagian juga merupakan santri aktif Pondok Pesantren Al-Anwar Bangkalan, pesantren dimana STEBIA berada.

 

Acara ini berlangsung di Madrasah Diniyah Ibnu Muchsin As Safi'i, Desa Bundeh, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang.


Editor:

Madura Terbaru