• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Madura

Ketua RMI NU Pamekasan Kiai Wazik Wafat, Ansor Turut Berduka

Ketua RMI NU Pamekasan Kiai Wazik Wafat, Ansor Turut Berduka
Ucapan duka buat almarhum KH Wazik, Ketua RMI NU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)
Ucapan duka buat almarhum KH Wazik, Ketua RMI NU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

KH Wazik Hamzah, Ketua Rabithah Ma'had Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama Pamekasan, wafat pada Rabu (23/03/2022). Kepergian Pengasuh Pondok Pesantren Taman Sari Palengaan itu membawa duka bagi keluarga besar NU di Pamekasan, termasuk bagi kader GP Ansor setempat.


Informasi meninggalnya Kiai Wazik tersebar di jejaring WhatsApp sejak Rabu siang. Informasi beredar, kiai muda NU itu wafat lantaran mengalami sesak napas secara mendadak. Padahal, pada Rabu pagi almarhum masih menghadiri hajatan masyarakat. Sempat dirujuk ke rumah sakit, namun Allah berkehendak lain.


Kepergian kiai yang sangat bersahaja itu menjadi duka yang sangat mendalam, termasuk bagi Syafiuddin, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pamekasan. Menurutnya, Kiai Wazik adalah kiai panutan yang memiliki totalitas tinggi dalam berjuang di NU dan pesantren.


"Kiai Wazik adalah kiai panutan kami yang mempunyai totalitas yang sangat tinggi dalam memajukan NU dan Pesantren NU di Pamekasan. Kita lihat perkembanagan RMI sudah tampak dan pesantren Taman Sari yang beliau pimpin sudah maju," ucap Syafiuddin.


Dalam pandangan alumni aktifis PMII Pamekasan itu, Kiai Wazik dikenal dengan kiai yang selalu mengayomi semua aktifis NU di Pamekasan.


"Selama kami mengenal Kiai Wazik, beliau itu selalu mengayomi kami, baik di Ansor, Banser, bahkan saya melihat beliau terjun langsung ke kegiatan NU di tingkatan ranting maupun MWCNU di Kabupaten Pamekasan," terangnya.


Wakil DPRD Pamekasan itu juga memaparkan, selama ini Kiai Wazik dikenal dengan sosok yang baik dan dakwahnya yang menyejukkan umat. "Beliau berhati lembut, dakwahnya menyejukkan. Bahkan, aktivitasnya sebagai aktifis partai di PKB sangat menyejukkan. Tentu kami sangat kehilangan sosok beliau saat ini," kata Syafiuddin.


"Semoga almarhum mendapat ampunan dan derajat yang tinghi disisi Allah SWT perantara perjuangannya di NU dan pesantren, dan yang penting semoga perjuangannya bisa kita lanjutkan," imbuhnya. ​​​​​​​


Senanda dengan itu, Miftahul Munir selaku Sekretaris Ansor Pamekasan menyampaikan bahwa kiprah Kiai Wazik dalam memimpin RMI PCNU Pamekasan sangat dirasakan oleh para angggota. Hingga saat ini, RMI di bawah kepemimpinan almarhum telah banyak melakukan terobosan baru.


Madura Terbaru