• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Madura

Klinik NU Pragaan Sumenep Gelar Vaksinasi untuk Nahdliyin

Klinik NU Pragaan Sumenep Gelar Vaksinasi untuk Nahdliyin
dr Susilo (kiri) bersama kader nahdliyin yang baru divaksin. (Foto: NOJ/Firdausi)
dr Susilo (kiri) bersama kader nahdliyin yang baru divaksin. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Sebagai upaya menguatkan imun masyarakat, Klinik NU Pratama Pragaan menggelar vaksinasi untuk Nahdliyin dan masyarakat umum secara gratis. Kegiatan dilakukan di klinik setempat, Pragaan Sumenep, Rabu (23/6/2021).

 

Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pragaan, dr Susilo mengutarakan, kegiatan ini sebagai bentuk ikhtiar dalam menambah daya imun warga dan memberikan perlindungan kepada Nahdliyin dari Covid-19, utamanya lansia.

 

Ia pun menambahkan, lebih kurang 98 orang divaksinasi. Prioritas vaksinasi ini ialah lansia, karena kasus yang paling banyak dialami oleh lansia.

 

“Kami juga menyasar pelayan publik, seperti Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang selalu tampil dan mendampingi ulama di setiap kegiatan sosial kemasyarakatan," terang dokter umum di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pragaan.

 

Lebih lanjut, menurut dr Susilo, sedikitnya tiga orang dokter yang bertanggung jawab dalam kegiatan ini. Selain itu, juga dibantu oleh perawat klinik dan pengurus LKNU setempat.

 

"Ada tiga dokter yang bertanggung jawab, yakni saya sendiri, dr Susianto, dan dr Barzat Audi. Sedangkan vaksin yang disuntikkan berjenis sinovac,” tutur anggota  Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU) Sumenep.

 

Menurut dr Susilo, warga yang hendak divaksin tidak serta merta langsung dilakukan. Akan tetapi terlebih dahulu dilakukan screening kepada yang bersangkutan. Bila memenuhi syarat, maka dilakukan vaksinasi. Jika sebaliknya, maka vaksinasi akan ditunda dan diminta untuk kembali lagi ke Klinik NU di kemudian.

 

Di kesempatan yang sama, Ketua MWCNU Pragaan, KH Ahmad Junaidi Mu'arif menjelaskan, selain memberikan pelayanan pada warga NU, kegiatan ini bagian dari promosi Klinik NU satu-satunya yang ada di Kabupaten Sumenep.

 

"Kami ucapkan terima kasih kepada para dokter, perawat, dan partisipan yang mempromosikan Klinik NU. Semoga klinik ini menjadi pusat kesehatan warga dan kelak menjadi cikal bakal berdirinya Rumah Sakit NU di Kecamatan Pragaan," ucapnya.

 

 

Tenaga pendidik Pondok Pesantren Al-Ihsan Jaddung, Pragaan itu mengajak kepada seluruh warga agar mematuhi anjuran pemerintah dengan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

 

"Di mana pun kita berada, protokol kesehatan harus diperhatikan. Jika ada keluhan, jangan segan-segan untuk menghubungi call center," pungkasnya.

 

Kegiatan ini bekerjasama dengan Puskesmas Pragaan, dan didukung oleh Komando Rayon Militer (Koramil) TNI Pragaan, serta Kepolisian Sektor (Polsek) Pragaan.

 

Editor: A Habiburrahman


Madura Terbaru