• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Madura

Kompaknya NU Sampang Bantu Tangani Terdampak Covid-19

Kompaknya NU Sampang Bantu Tangani Terdampak Covid-19
Ketua PCNU Sampang KH Moh Itqan Bushiri saat berkoordinasi dengan Tim Satgas Peduli Covid-19 NU. (Foto: NOJ/FN)
Ketua PCNU Sampang KH Moh Itqan Bushiri saat berkoordinasi dengan Tim Satgas Peduli Covid-19 NU. (Foto: NOJ/FN)

Sampang, NU Online Jatim

Seluruh elemen di lingkungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Sampang, Madura, semangat dan kompak membantu warga terdampak Covid-19. Melalui Satuan Tugas Peduli Covid-19 NU setempat, badan otonom dan lembaga bergandeng tangan dan bergerak bersama untuk meringankan beban hidup warga akibat pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun itu.

 

Hampir setiap hari, koordinasi dilakukan untuk mematangkan aksi kepedulian sosial. Seperti yang terlihat pada Sabtu (07/08/2021) kemarin di Pondok Pesantren Assirojiyah Kajuk, dilakukan pematangan kegiatan bakti sosial, yaitu penyaluran paket sembako kepada warga Nahdliyin di seluruh kecamatan di Sampang.

 

Koordinasi dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Sampang KH Moh Itqan Bushiri. Ketua Tim Satgas Peduli Covid-19 PCNU Sampang Moh Hasan Jailani menyampaikan, dalam pertemuan, pihaknya telah melaporkan paket-paket yang siap didistribusikan di wilayah Sampang tengah dan utara.

 

"Paket-paket donasi dari pihak luar, untuk saat ini yang paling siap itu wilayah tengah dan utara. Kita prediksikan tengah dan utara akan segera diberangkatkan bersamaan setelah memikirkan jumlah armada yang dibutuhkan," ujarnya.

 

Kemudian yang kedua, Tim Satgas Peduli Covid-19 diharapkan terus mencari ruang-ruang alternatif donasi baik personal, institusi dan maupun perusahaan agar donasi dapat terkumpul dalam satu komando.

 

Jailani mengingatkan, segala bentuk persoalan internal akan dibawa ke jajaran Syuriyah dan Tanfidziyah, termasuk beberapa kekurangan paket untuk wilayah selatan Sampang berikut  biaya transportasinya.

 

"Selain itu, kita juga telah sampaikan bahwa setiap petugas  di kecamatan akan dibantu 250 ribu rupiah sebagai biaya transportasi dan uang lelah. Silahkan nanti dirembuk teman-teman Ansor, Banser, dan IPNU," ujarnya.

 

Ditegaskan olehnya, setelah dropping bantuan turun, sebanyak 60 paket sembako dan uang harus segera dikirim langsung door to door kepada semua penerima per kecamatan yang sebelumnya telah didata.

 

"Saat ini, temam-teman dari tim LAZISNU dan Baznas sedang menyiapkan format pelaporannya seperti apa. Sedangkan untuk Sampang wilayah selatan, kita akan komunikasikan lagi dengan Baznas, kira-kira September dapat dioptimalkan atau tidak," tandas Jailani.

 

Perlu diketahui, Satgas Peduli Covid-19 PCNU Sampang terbentuk dari banom dan lembaga NU yang meliputi LKNU, LAZISNU, LPBI NU, LTN NU, IPNU, IPPNU, Ansor, Banser, dan Baznas, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Nahdliyin di tengah pandemic Covid-19.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin

 

Editor: Nur Faishal


Madura Terbaru