• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Madura

NU Pulau Mandangin Sampang Gelar Kajian Fiqih Wanita

NU Pulau Mandangin Sampang Gelar Kajian Fiqih Wanita
Kajian Fiqih Wanita yang digelar MWCNU Pulau Mandangin, Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Kajian Fiqih Wanita yang digelar MWCNU Pulau Mandangin, Sampang. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pulau Mandangin bersama Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Mandangin Tengah mengadakan Kajian Fiqih Wanita. Acara dipusatkan di Mushala Tajul Ulum Mandangin, Sampang, Ahad (25/09/2021).

 

Rais MWCNU Mandangin, H A Muhadjir mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja bulanan MWCNU Mandangin. Pelaksanaannya dilakukan sebulan sekali secara bergiliran di setiap PRNU yang berada di Mandangin.

 

"Jadi, tujuan dari kegiatan diklat ini untuk menguatkan pemahaman masyarakat tentang darah haid. Tidak hanya itu, juga dilakukan tata cara pengurusan jenazah dan lain-lain yang berkaitan dengan hukum Islam," ujarnya.

 

Sementara Ketua PRNU Mandangin Tengah, Ustadz Abd Syukkur menjelaskan bahwa alasan pihaknya mengambil tema haid karena dianggap masih banyak masyarakat sekitar yang kurang memahami soal haid.

 

"Ini penting dipelajari, karena berkaitan dengan ibadah umat Islam sendiri dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

 

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan seperti itu dapat menambah wawasan masyarakat Mandangin agar memahami secara keseluruhan tentang hukum dan cara menyucikan haid.

 

"Semoga ke depannya masyarakat lebih paham tentang ubudiyah Islam, karena tidak sedikit masyarakat yang masih awam soal ubudiyah,” ungkapnya.

 

Disebutkan, bahwa setiap bulan tema kajian berubah-ubah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

 

 

Acara tersebut diikuti masyarakat sekitar, alumni putri Mushala Tajul Ulum serta beberapa jam'iyah dari Mushala yang berada di Dusun Tengah, Desa Pulau Mandangin.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin


Madura Terbaru