• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Madura

Sederhana, Maulid Nabi Dilaksanakan di Kantor Ranting NU yang Belum Rampung

Sederhana, Maulid Nabi Dilaksanakan di Kantor Ranting NU yang Belum Rampung
Peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banuaju Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Kamis (29/10/2020) malam. (Foto: NOJ/ Firdausi).
Peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banuaju Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Kamis (29/10/2020) malam. (Foto: NOJ/ Firdausi).

Sumenep, NU Online Jatim

Kantor yang belum rampung tidak menjadi penghalang untuk dijadikan tempat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banuaju Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Mereka tetap menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri walaupun kondisi kantor belum rampung 100%, Kamis Malam (29/10/2020).

 

K M Masdur mengutarakan bahwa acara ini merupakan kegiatan rutinitas ranting. Namun pada tahun ini dilaksanakan dengan sederhana. Karena pengurus lebih memfokuskan pada penyelesaian kantor ranting yang sudah mencapai 70%.

 

Ketua PRNU Banuaju Timur mengajak kepada segenap nahdliyin dan nahdliyat untuk menempati kantor tersebut dan mengisinya dengan kegiatan ke-NU-an baik yang bersifat diniyah atau pun ijtimaiyah.

 

"Tahun lalu Maulid dilaksanakan di 5 dusun secara bergiliran. Namun kali ini kami sengaja memusatkan kegiatan tersebut di kantor agar warga tahu bahwa ranting memiliki kantor," ujarnya.

 

Tanah untuk kantor ranting itu berukuran 33x21 yang sebelumnya milik bapak Sahawi atau mantan Kades Banuaju Timur yang diwakafkan pada NU dan pembangunannya digarap mulai tahun 2018 hingga saat ini.  "Insyaallah pertengahan tahun 2021 kantor ini sudah rampung 100%," imbuhnya.

 

Ia juga berterimakasih kepada para donatur yang menyumbangkan beberapa perlengkapan kantor seperti karpet, perangkat listrik, lampu, dan lainnya.  "Semoga amal jariyah kalian dilipat gandakan oleh Allah SWT," harapnya.

 

Dengan adanya kantor ini, K M Masdur mengajak untuk  menciptakan rasa kepemilikan yang tinggi agar bisa sama-sama merawat keberadaan kantor. "Ingat, berat sama-sama dijinjing, ringan sama-sama dipikul," sargasnya.

 

 
 
 
Di akhir sambutannya, dirinya melaporkan bahwa PRNU Banuaju Timur sudah mandiri. Karena koperasi yang dirintis pada tahun 2016 semakin berkembang sehingga mampu menyelesaikan pembangunan kantor secara bertahap.

 

"Pada tahun ini asetnya lebih dari 40 jutaan. Doakan kami agar kami diberikan kekuatan untuk menyelesaikan kantor agar bisa ditempati oleh nahdliyin," ungkapnya.

 

Di kesempatan yang berbeda, K Norman selaku Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Batang-Batang mengajak kepada para aghnia dan donatur lainnya untuk menyisakan hartanya demi penyelesaian kantor. "Jika para nahdliyin ingin menyumbangkan hartanya, segera hubungi kontak person di bawah ini, 081703031103 atau 0328 511114," pungkasnya.

 

Acara dihadiri oleh jajaran pengurus MWCNU, kemudian dibuka dengan istighosah dan shalawat Nabi yang dipimpin oleh K Marsuki selaku Rais PRNU.

 

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru