• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Malang Raya

Berkat Peran Ma'had, MAN 2 Kota Malang Masuk 8 Rerata Tertinggi UTBK Jatim

Berkat Peran Ma'had, MAN 2 Kota Malang Masuk 8 Rerata Tertinggi UTBK Jatim
Ruang pelayanan satu pintu MAN 2 Kota Malang. (Foto: NOJ/MJ).
Ruang pelayanan satu pintu MAN 2 Kota Malang. (Foto: NOJ/MJ).

Malang, NU Online Jatim

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang adalah satu-satunya Madrasah Aliyah yang masuk 10 besar rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi di Jawa Timur. Ia bersaing dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Favorit di Jawa Timur. 

 

Kepala MAN 2 Kota Malang, Mohammad Husnan menuturkan, keberadaan ma’had atau ma’had dinilai memainkan peran penting atas prestasi ini. Sebab berkat ma’had, pembinaan lebih leluasa dilakukan kepada siswa. Karena siswa dipantau selama 24 jam.

 

"Ma'had menjadi peran penting dalam mencapai keberhasilan ini. Untuk menguatkan pelajaran yang diperoleh di sekolah, teori dan latihannya digembleng di ma’had," kata Mohammad Husnan di kantornya, Senin (31/05/2021).

 

Menurutnya, guru Bimbingan Konseling (BK) turut andil dalam mengarahkan peserta didik sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal tersebut agar tidak salah memilih jurusan ketika sudah lulus kelak.

 

“Bagi yang kuat hafalannya, maka akan diarahkan ke jurusan kedokteran, farmasi, hukum dan lain sebagainya,” imbuhnya kepada NU Online Jatim.

 

Selain itu, pihak sekolah juga mengadakan jam tambahan saat pandemi belum melanda. Jam tambahan tersebut diberikan untuk membekali dan mengcover materi yang belum dipahami oleh siswa di luar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

 

"Di ma'had, mereka langsung didampingi hingga malam. Kita sediakan khusus pembimbingnya yang bekerjasama dengan lembaga lain di luar," ungkapnya.

 

Dilansir laman ltmpt.ac.id, total ada 21.302 sekolah dan 662.404 siswa yang ikut serta dalam hal ini. Tercatat, MAN 2 Kota Malang berada di urutan ke 61 Nasional dan ke 8 di Jawa Timur.

 

Secara berurutan, berikut daftar Top 10 SMA Unggulan di Jawa Timur; SMAN 5 Surabaya, SMA Katolik St. Louis 1 Kota Surabaya, SMAS Kristen Petra 2 Surabaya, SMAN 3 Kota Malang, SMAS Kolese Santo Yusup Kota Malang, SMAN 2 Surabaya, SMAN 1 Kota Malang, MAN 2 Kota Malang, SMAN 1 Jember, dan SMAN 1 Sidoarjo.

 

Sementara Top 10  Madrasah Aliyah di Jawa Timur sebagai berikut; MAN 2 Kota Malang, MAN 2 Kota Kediri, MAN 1 Kota Malang, MA Swasta Unggulan Amanatul Ummah Surabaya, MAN 1 Blitar, MAN 2 Kota Madiun, MA Swasta Muhammadiyah Jember, MAN 2 Tulungagung, MAN 1 Malang (Kabupaten Malang), dan MAN Kota Batu.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru