• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Malang Raya

Dukung Program Literasi Digital, IPNU-IPPNU Batu Bentuk Tim Khusus

Dukung Program Literasi Digital, IPNU-IPPNU Batu Bentuk Tim Khusus
Adi Yusuf, Ketua PC IPNU Kota Batu siap dukung program literasi digital nasional. (Foto: NOJ/Bellgis A)
Adi Yusuf, Ketua PC IPNU Kota Batu siap dukung program literasi digital nasional. (Foto: NOJ/Bellgis A)

Batu, NU Online Jatim

Pada bulan Mei lalu, Kementerian Informatika dan Komunikasi (Kominfo) resmi meluncurkan program Literasi Digital Nasional dengan tema ‘Indonesia Makin Cakap Digital’. Peresmian yang dihadiri 350 ribu peserta secara dalam jaringan (daring) tersebut menjadi titik awal transformasi kebangkitan era digital di Indonesia.

 

Merespons program tersebut, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batu langsung bergerak. Yang dilakukan adalah membentuk satuan petugas (Satgas) Literasi dan Tim Digitalisasi.

 

“Hal ini tidak lain juga dikarenakan kondisi yang memang memerlukan kecakapan lebih dalam berliterasi, apalagi di media digital,” kata Adi Yusuf, Ahad (27/06/2021).

 

Ketua PC IPNU Kota Batu  tersebut menuturkan kedua tim sudah mulai menjalankan tugasnya di bawah naungan departemen yang ada.

 

"Sebenarnya satgas literasi ini ada di bawah naungan departemen minat bakat, dan tim digital di bawah naungan departemen jaringan informasi dan komunikasi,” terangnya. Tapi, mereka juga diberikan instruksi dan komando secara langsung oleh Ketua PC IPNU-IPPNU, lanjutnya.

 

Penegasan disampaikannya setelah acara sosialisasi dan Turba ke Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Batu.

 

Ada dua program yang digalakkan oleh satgas literasi, yaitu program satu kader satu buku dan Taman Baca Masyarakat (TBM) di setiap ranting.

 

“Jadi harapannya nanti setiap ranting akan memiliki taman baca sendiri," jelasnya.

 

Selain itu, satgas literasi yang dibentuk juga menggalakkan program satu hari satu tulisan.

 

"Tulisan-tulisan para kader ini nantinya akan dibukukan dalam waktu dekat, dan menjadi buah karya pertama dari satgas literasi," tegasnya.

 

Dikemukakan bahwa untuk mendukung agenda yang telah ditetapkan tersebut, upaya sosialisasi satgas literasi masih terus berjalan.

 

“Diharapkan setelah sosialisasi selesai, maka satgas dari tingkan PC, PAC, dan ranting bisa bersama mewujudkan program yang sudah dicanangkan,” pungkasnya.

 

Kontributor: Zaiyana Nur A

Editor: Syaifullah


Editor:

Malang Raya Terbaru