• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Malang Raya

NU Peduli Semeru

Elemen NU di Malang Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru

Elemen NU di Malang Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru
Penyerahan bantuan dari elemen NU Singosari, Malang kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mooch Miftachur Rizki)
Penyerahan bantuan dari elemen NU Singosari, Malang kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (Foto: NOJ/ Mooch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singosari, Kabupaten Malang menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Sabtu (22/01/2022).

 

Bantuan tersebut merupakan upaya MWCNU Singosari bersama lembaga dan badan otonom (Banom) NU. Adapun dana yang diserahkan dalam bantuan kemanusiaan tersebut sejumlah Rp80 juta.

 

Rais MWCNU Singosari, KH Abdul Hasib Mahfudz mengatakan, bahwa gerakan ini merupakan gerakan solidaritas dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Muslimat NU, serta lembaga dan banom NU yang lain untuk meringankan beban warga terdampak.

 

"Ini merupakan suatu gerakan bersama dari Nahdliyin Singosari untuk masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru beberapa waktu yang lalu," katanya kepada NU Online Jatim.

 

"Alhamdulillah, mereka sangat bahagia ketika kami datang dan tentunya mereka merasa sangat disayangi oleh kami. Selain itu, kami juga merasakan bahagia melihat senyuman mereka ketika kami berikan motivasi serta harapan masa depan," imbuhnya.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah Singosari tersebut menambahkan, bahwa kegiatan bersama semacam ini merupakan kegiatan yang sangat positif.

 

"Tentunya, kami berharap kegiatan semacam ini bisa dijadikan semangat tersendiri untuk terus berjuang dan membangun rasa empati terhadap sesama warga negara," harapnya.

 

Sementara itu, Bendahara Poslap NU Peduli Pronojiwo, Muhammad Rifa'i menyampaikan rasa terima yang tidak terhingga atas sumbangsih dari MWCNU Singosari.

 

"Alhamdulillah, tentunya kami ucapkan terima kasih kepada MWCNU Singosari yang telah bersedia membantu warga terdampak erupsi Semeru. Insyaallah, dana yang kami terima ini akan kami salurkan sesuai kebutuhan yang ada," tuturnya.

 

Diketahui, bantuan tersebut dibagi dua bagian, pertama sejumlah Rp50 juta diserahkan secara langsung kepada Poslap NU Peduli yang berada di MWCNU Pronojiwo. Dan kedua, sejumlah Rp30 juta diberikan dalam bentuk bahan pokok kepada korban terdampak di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

  

Tak sekadar menyalurkan bantuan semata, akan tetapi MWCNU Singosari beserta tim juga mengajak berdialog warga terdampak. Hal ini dilakukan untuk membangun energi positif kepada masyarakat terdampak guna menatap masa depan yang cerah.


Malang Raya Terbaru