Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Lomba Menghafal Biografi KH Hasyim Asyari, Upaya Kenalkan Muassis NU ke Pelajar

Lomba Menghafal Biografi KH Hasyim Asyari, Upaya Kenalkan Muassis NU ke Pelajar
Pembukaan lomba menghafal biografi KH Hasyim Asy'ari yang diadakan PCNU Kota Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya).
Pembukaan lomba menghafal biografi KH Hasyim Asy'ari yang diadakan PCNU Kota Batu. (Foto: NOJ/ Zaiyana Nur Ashfiya).

Batu, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kota Batu menggelar lomba menghafal biografi Hadratusyaikh KH M Hasyim Asy'ari untuk santri madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (20/10) ini bertujuan untuk mewariskan dan mengedukasikan sejarah kepada generasi muda.

 

"Berbicara hari santri tentu tidak lepas dari Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari dan Resolusi Jihad yang difatwakannya, untuk itu anak-anak perlu dikenalkan kepada beliau," tutur H A Budiono, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Batu.

 

Dikeluarkannya fatwa Resolusi Jihad NU oleh Hadratusyaikh KH M Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945 menjadi permulaan semangat juang para santri dalam mempertahankan kemerdekaan dari Agresi Militer Belanda kedua sampai dengan pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

 

Menurutnya, mengetahui perjalanan hidup sang muassis Nahdlatul Ulama menjadi salah satu keharusan bagi warga NU, dengan harapan dapat diakui sebagai santri oleh Mbah Hasyim.

 

"Terlebih lagi mengingat dawuhnya Mbah Hasyim, siapa yang mau mengurusi NU aku anggap dia santriku, dan siapa yang menjadi santriku aku doakan husnul khotimah beserta anak cucunya," sambungnya.

 

Gelaran lomba menghafal biografi ini merupakan pertama kalinya diadakan di Kota Batu. "Alhamdulillah berbagai macam lomba sudah terlaksana dalam rangka memeriahkan hari santri, bahkan yang tadinya belum ada sekarang kita adakan, contohnya menghafal biografi Mbah Hasyim Asy'ari ini," kata Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU kota Batu, Rahmatullah.

 

Ia juga berharap, semarak hari santri tidak hanya berhenti dalam acara seremonial, tetapi dapat memberikan ibrah dan manfaat kepada semua pihak.

 

"Harapan kami, setelah adanya kegiatan ini kita bisa mendapatkan hasil, dapat mengambil hikmah dan juga manfaatnya sebagai seorang santri," harapnya.

 

Dalam pelaksanaan lomba, sekitar empat puluh peserta dari tingkat SD hingga SMP yang berada di bawah naungan LP Ma'arif NU Kota Batu bergilir satu per satu menarasikan biografi sang pencetus Resolusi Jihad.

 

Sekilas tentang Hadratusyaikh KH M Hasyim Asy'ari, beliau lahir pada 14 Februari 1871 di Tambakrejo Jombang, dan wafat pada 21 Juli 1947 di Jombang. Pendiri sekaligus Rais Akbar Nahdlatul Ulama.

 

 

Memiliki julukan Hadratusyaikh yang berarti Maha Guru, telah menghafal Kutubus Sittah, dan memiliki gelar Syaikhul Masyayikh. Kemudian ditetapkan sebagai pahlawan Nasional pada 17 November 1964.

 

Penulis: Zaiyana Nur Ashfiya 

Terkait

Malang Raya Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini