• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Malang Raya

Meriahkan Hari Santri, NU Kota Batu Adakan Lomba Pencak Silat dan Baca Kitab

Meriahkan Hari Santri, NU Kota Batu Adakan Lomba Pencak Silat dan Baca Kitab
Pembukaan lomba pencak silat yang diadakan PCNU Kota Batu. (Foto: NOJ/ Yanwar Saputra).
Pembukaan lomba pencak silat yang diadakan PCNU Kota Batu. (Foto: NOJ/ Yanwar Saputra).

Batu, NU Online Jatim

Hari Santri Nasional 2021 disambut dengan semarak oleh para santri di Kota Batu. Berbagai kegiatan dan lomba digelar sebagai bentuk antusiasme menyambut peringatan tersebut.

 

Kali ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Batu menggelar Lomba Pencak Silat Santri Cup 1 dan Musabaqoh Qiro'atul Kutub pada Ahad (18/10).

 

Ketua Pelaksana lomba Pencak Silat Santri Cup 1, Muchamad Fazrul Falaq Rahmatullah menuturkan, lomba pencak silat yang digelar di aula PCNU Kota Batu disambut dengan semangat santri. "Kejuaraan pencak silat ini berdasarkan semarak semangat para santri,” tuturnya.

 

Pria yang akrab disapa Adul ini menambahkan, tema yang diangkat adalah ‘santri siaga jiwa raga menuju pencak silat yang gemilang’ ini bertujuan untuk meningkatkan semangat para peserta dalam mempelajari serta menerapkan yang terkandung dalam nilai-nilai pencak silat dalam kehidupan.

 

"Kami berharap setelah ini teman-teman bisa lebih bersemangat melestarikan pencak silat," tambahnya.

 

Untuk diketahui, lomba pencak silat ini diikuti 50 peserta dari rayon pagar nusa yang ada di sekolah-sekolah dan pondok pesantren se-Kota Batu.

 

Sementara itu, Gus Fahrudin selaku panitia penanggung jawab lomba Qiroatul Kutub menegaskan pentingnya memupuk semangat dalam tholabul 'ilmi kepada para santri.

 

"Mari tetap bersemangat menimba ilmu agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang," ajaknya.

 

 

Lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub digelar terpisah untuk putra dan putri. Santri putra bertempat di Masjid Brigjen Sugiono Balai kota Among Tani, dan santri putri bertempat di Masjid Agung An-Nur kota Batu.

 

Penulis: Yanwar Setiyo Putra


Editor:

Malang Raya Terbaru