• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Malang Raya

LP Ma'arif Jatim Petakan Kondisi Sekolah Guna Penguatan Ideologi di Malang

LP Ma'arif Jatim Petakan Kondisi Sekolah Guna Penguatan Ideologi di Malang
H Noor Shodiq Askandar ditemui selepas Turba PWNU Jatim dengan peserta Malang Raya (05/06/2021) (NUOJ/MJ)
H Noor Shodiq Askandar ditemui selepas Turba PWNU Jatim dengan peserta Malang Raya (05/06/2021) (NUOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur dalam giat turun ke bawah (Turba) menyampaikan pengawalan di sekolah-sekolah di bawah naungan Nahdliyin supaya tidak tersusupi ideologi berbeda dengan NU. Terutama di pelosok daerah Malang Selatan harus menjadi perhatian bersama.

 

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jatim, H Noor Shodiq Askandar mengatakan, secara spesifik pihaknya belum berfikir lebih jauh. Karena sebetulnya Kabupaten Malang hampir 1000 di bawah naungan LP Ma'arif. Tersebar dari utara hingga selatan memang perlu dipetakan.

 

"Sekolah-sekolah memang perlu dipetakan, nanti akan kita pilah-pilah. Ada sekolah yang sudah siap, mana belum. Kemudian sekolah yang dalam titik serangan," kata Gus Shodiq sapaan akrabnya saat Turba PWNU Jatim di Aula MWCNU Kepanjen Kabupaten Malang, Sabtu (05/06/2021).

 

Pihaknya mengungkapkan, ada beberapa sekolah yang awalnya memprihatinkan. Di antaranya ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sekolah tersebut berada di daerah minoritas, namun bisa berkembang hingga sekarang.

 

Kemudian ada Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Gedangan, satu kampung dengan masyarakat non Muslim. Berkat kegigihan tokoh, sekarang bisa berjalan serta orang muslimnya banyak dibantu PCNU setempat.

 

Tidak hanya Badan Otonom (Banom) yang ikut berpartisipasi, namun dari kalagan akademisi juga ikut mendampingi seperti Universitas Islam Malang (Unisma). Ikut terjun ke lokasi daerah-daerah rawan pelemahan ideologi.

 

"Yang begitu-begitu, pendampingannya tidak hanya dari LP Ma'arif, tapi juga melibatkan pihak lain," ungkap Gus Shodiq.

 

Ia menambahkan, ihwal penguatan ideologi di daerah Kabupaten Malang Selatan perlu diperhatikan. Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) anak muda dan budaya sangat besar. Namun kesiapan terkait pembelajaran ideologi masih belum masif di Nahdliyin.

 

 

"Padahal perkembangan budaya lebih maju daripada yang di kota. Karena mereka anak-anak migran. Sehingga mereka ini pola pergaulan, cara berfikir sesungguhnya pola luar negeri," pungkas pria yang juga Wakil Rektor II Unisma tersebut.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru