• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 13 Agustus 2022

Malang Raya

NU Jatim Siap Dampingi Pendirian Klinik hingga Rumah Sakit di Malang

NU Jatim Siap Dampingi Pendirian Klinik hingga Rumah Sakit di Malang
KH Abdussalam Shohib saat ditemui selepas Turba PWNU Jatim di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MJ).
KH Abdussalam Shohib saat ditemui selepas Turba PWNU Jatim di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MJ).

Malang, NU Online Jatim

Agenda turun ke bawah atau Turba Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur kali ini singgah di Malang Raya. Bebarapa program yang sudah berjalan siap didukung oleh PWNU Jatim, misalnya di bidang kesehatan.

 

Ihwal tersebut disampaikan Wakil Ketua Pengurus PWNU Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib. Menurutnya, upaya tersebut merupakan bentuk dukungan PWNU Jatim kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Malang Raya.

 

"Apabila ada yang belum punya dan ingin mengembangkan fasilitas kesehatan, maka akan kita (PWNU Jatim) dampingi," dawuh Gus Salam, sapaan akrabnya, Sabtu (05/05/2021) seusai acara Turba.

 

Agenda Turba yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kepanjen Malang ini diikuti Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se Malang Raya. Yakni PCNU Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

 

Gus Salam menambahkan, semisal PCNU Kota Batu yang sudah memiliki klinik, maka akan didorong supaya bisa mempunyai Rumah Sakit. Kemudian PCNU Kabupaten Malang yang belum memiliki unit kesehatan, maka akan didampingi juga mulai dari konsep dan lainnya.

 

"Tidak hanya mengintruksikan, tapi mendampingi konsep, dan jaringan-jaringan yang kita punya," ungkap Kiai muda alumnus Pesantren Ploso Kediri tersebut.

 

Semisal pula PCNU Kota Malang yang sudah mempunyai Rumah Sakit, namun belum ada izinnya. Maka PWNU Jatim akan mengusahakan membantu agar bisa terselesaikan izinnya.

 

"PCNU Kota Malang kesulitan mendapatkan izin untuk klinik pratama. Maka kita akan bantu juga melalui jaringan yang dimiliki, supaya bisa terealisasi izinnya," ujarnya.

 

Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang ini menjelaskan, tujuan konsolidasi jam'iyah ialah untuk memperkuat sinergi antara jam'iyah dan jamaah. Selanjutnya, PCNU tersebut akan didorong untuk melakukan hal yang sama kepada kepengurusan di bawahnya.

 

"Hal ini agar program yang kita canangkan sampai ke masyarakat di akar rumput sebagaimana cita-cita kita bersama," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru