• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Malang Raya

Turba NU Jatim di Malang Utamakan Prokes, Peserta Diwajibkan Cek GeNose

Turba NU Jatim di Malang Utamakan Prokes, Peserta Diwajibkan Cek GeNose
Proses cek GeNose 19 yang dilakukan Tim Teknis Turba PWNU Jatim (05/06) (NUOJ/MJ)
Proses cek GeNose 19 yang dilakukan Tim Teknis Turba PWNU Jatim (05/06) (NUOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Agenda turun ke bawah atau Turba Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur kali ini di Kabupaten Malang. Peserta Turba diharuskan melakukan cek GeNose C19 sebelum masuk ke lokasi acara.

 

Panitia menyediakan sekitar 300 kantong untuk kebutuhan Turba di Malang. Hal ini tidak lain sebagai bentuk komitmen tinggi mematuhi protokol kesehatan (prokes).

 

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Serbaguna Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kepanjen Malang ini diikuti Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Malang Raya. Yakni PCNU Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

 

Pelaksana Teknis Turba PWNU Jatim, Ahmad Fachrudin mengungkapkan, jumlah kantong disediakan memang banyak untuk memenuhi kuota peserta yang hadir.

 

"Jumlah kantong yang kita bawa ada sekitar 300, jadi cukuplah untuk jumlah peserta," kata Ahmad Fachrudin kepada NU Online Jatim, Sabtu (05/06/2021).

 

Ia menuturkan, alat GeNose yang dibawa hanya satu buah. Dibawa keliling semenjak Turba PWNU. Di setiap lokasi acara, peserta yang hadir diminta cek GeNose sebelum acara dimulai.

 

"Cek GeNose untuk memastikan bahwa mereka yang hadir itu benar-benar namanya negatif dari Covid-19," ungkap Fachrudin, sapaan akrabnya.

 

Sebelumnya, peserta datang harus cuci tangan, cek suhu dan memakai handsanitizer. Kemudian peserta yang tidak membawa masker dipastikan memakai masker dengan diberikan saat pendaftaran hadir. Jumlah peserta yang sudah tes GeNose sudah puluhan.

 

"Sejauh ini ada sekitar 60an sampel yang sudah di tes," ujarnya.

 

Terkait alat pengecek bebas Covid-19 ini sendiri, pihaknya mengaku mendapat dari salah satu pengurus PWNU Jawa Timur. Pengurus itu menghibahkan cuma-cuma untuk kebermanfaatan umat nahdliyin.

 

"Ini (alat GeNose) memang baru kita gunakan pada saat mulai Turba PWNU," terang Fachrudin.

 

Hasil bisa diketahui oleh peserta setelah beberapa menit pengecekan. Hasil yang cepat memudahkan traching penyebaran Covid-19. "Lima menit, jadi langsung kelihatan hasilnya," terangnya.

 

 

Ia menambahkan, untuk peserta yang hadir, tidak bebankan biaya untuk melakukan tes GeNose tersebut. Sehingga tidak oerlu khawatir. "Ini gratis, memang disiapkan oleh PWNU," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru