• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Malang Raya

Mahasiswa Fapet UB Malang Kembangkan Desa Wisata di Jawa Barat

Mahasiswa Fapet UB Malang Kembangkan Desa Wisata di Jawa Barat
River Tubing di Desa Wisata Cisande, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: NOJ/Humas UB)
River Tubing di Desa Wisata Cisande, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: NOJ/Humas UB)

Malang, NU Online Jatim
Banyak kegiatan menarik oleh mahasiswa yang mengikuti magang. Seperti Dina Marliana, mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) Malang mengikuti program Magang Merdeka Pigijo Vanguard Desa Wisata. Kegiatan itu merupakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilaksanakan mulai 17 Januari hingga 15 Februari 2022.


Pigijo bekerja sama dengan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Jawa Barat yang menitikberatkan tiga desa wisata di wilayah Kabupaten Sukabumi. Yakni kampung Raden-Desa Cisande, Kampung Lahang-Desa Wisata Gede Pangrango, dan Kampung Budaya Palapah-Desa Waluran.


Dina atau yang biasa disapa Marel mahasiswa fapet UB yang menjadi ketua kelompok magang Desa Wisata Cisande. Bersama tim dia melakukan riset potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta melakukan inovasi baik berupa digital maupun non digital.


“Disamping itu juga mengadakan beberapa kegiatan, seperti sosialisasi divisi, sakola barudak, sakola ibu bapa, dan event,” katanya.


Menurutnya, kedepannya tim akan berinovasi membuat paket-paket wisata Desa Wisata Cisande yang bisa dipesan oleh secara online di website pigijo.com.


“Pigijo merupakan marketplace Desa Wisata di Indonesia sebagai media promosi Desa Wisata. Sehingga selain menguntungkan bagi dunia pariwisata Indonesia juga mensejahterahkan masyarakat lokal sekitar Desa Wisata, tandasnya.


Dirinya menerangkan, para peserta magang menjalani hidup berdampingan dengan warga desa untuk mempelajari karakter dan kondisi sekitar. Salah satu bentuk upaya mengembangkan potensi Desa melalui digitalisasi sebagai sarana pemasaran.


Malang Raya Terbaru