• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Malang Raya

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Sukses Libatkan 21 Masjid

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Sukses Libatkan 21 Masjid
Penutupan Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah oleh PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Penutupan Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah oleh PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim
Pencerahan Ramadan 1443 Hijriyah yang dilaksanakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang sukses berjalan selama sebulan penuh dengan menyasar sebanyak 21 masjid se-Kota Malang. Acara dipungkasi dengan santunan Lailatul Qodar bersama seribu fakir, miskin, dan dhuafa yang dipusatkan di Kantor PCNU setempat, Jalan KH Hasyim Asy'ari nomor 21, Kota Malang.


Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah menuturkan, rangkaian 'Pencerahan Ramadhan' tahun ini dilakukan dengan format berbeda. Karena tahun-tahun kemarin lebih banyak memberikan kajian keislaman dan keaswajaan di masjid-masjid NU.


“Sementara kali ini tetap dilakukan, akan tetapi dengan melakukan pembaharuan dan inovasi,” ujar Gus Is, sapaan akrabnya, Selasa (27/4/2022).


Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah berupaya mensukseskan kegiatan tersebut. Menurutnya, meski persiapan terbatas upaya menuju kebaikan terus dilakukan dengan mengevaluasi kekurangan-kekurangan. Sebab, agenda ini merupakan awal menata kepengurusan periode selanjutnya.


"Kami berharap kalau sudah tertata administratif, kita bangun naharul istima'. Lengkap dengan pasar murah dan pengobatan gratis, baik medis dan non medis," ujar Gus Is.


Dijelaskan, bahwa PCNU Kota Malang dalam merealisasikan ketahanan kesehatan akan menggandeng RSI Unisma sebagai payung klinik kesehatan. Seperti yang telah dilaksanakan selama ini untuk pengobatan gratis hingga vaksinasi.


Sementara Ketua Panitia H Mujib Shofi menjelaskan, rangkaian kegiatan dimulai sejak 04 April 2022 lalu di Masjid Sabilillah diisi dengan bedah buku perjuangan KH Maskur. Menurutnya, agenda ini berjalan baik dilanjut dengan kegiatan di seluruh MWCNU yang melibatkan puluhan masjid sebagai bentuk syiar.


"Kegiatan ini melibatkan 21 masjid dan 21 penceramah. Alhamdullah, pelaksanaan ini dibantu salah satu perusahaan rokok," kata H Mujib Shofi,


Menurut H Mujib, selain pencerahan Ramadhan ada pula kegiatan pasar murah dengan ratusan paket. Di antaranya tersebar di Kecamatan Blimbing 430 paket, Lowokwaru 200 paket, Sukun 150 paket, serta di Kedungkandang 350 paket.


“Termasuk juga pengobatan gratis medis dan non medis yang diperuntukkan bagi jamaah sekitar masjid. Jumlah pengobatan gratis hingga 309 pasien, dan pengobatan alternatif atau terapis 206 pasien. Ke depan, pengobatan gratis akan ditambah jumlahnya," paparnya.


Diketahui, rangkaian penutupan Pencerahan Ramadhan ini diisi dengan mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Habib Asadullah Alaydrus, putra almaghfurlah Habib Alwi bin Salim Alaydrus Rais PCNU Kota Malang periode tahun 1971-1977.


Malang Raya Terbaru