• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Malang Raya

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Diisi Pengobatan Gratis

Pencerahan Ramadhan NU Kota Malang Diisi Pengobatan Gratis
Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis dalam Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis dalam Pencerahan Ramadhan PCNU Kota Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang menggelar Pencerahan Ramadhan 1443 Hijriyah. Kegiatan yang disinergikan dengan pengobatan gratis ini kembali digelar di Masjid Raden Rahmat, Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (16/04/2022).


Dalam pelaksanaan Pencerahan Ramadhan kali ini, mengundang Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar sebagai pembicara.


Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program safari PCNU Kota Malang kelima Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di Kota Malang.


"Sedianya kegiatan ini diselenggarakan di beberapa titik yang telah tersebar di masing-masing MWCNU. Namun, untuk pasar murah dan pengobatan gratis hanya kami sepakati untuk mengadakan di 5 titik karena beberapa pertimbangan," katanya kepada NU Online Jatim, Sabtu (06/04/2022).


Pria yang katib disapa Gus Is ini menjelaskan, bahwa Pencerahan Ramadhan serta Pengobatan Gratis ini mendapat respons yang baik dari masyarakat setempat. Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatab tersebut.


"Alhamdulillah, ini merupakan bentuk sinergi antara NU dengan Banom NU dan lembaga. Kalau biasanya kami menyapa warga NU hanya melalui kajian-kajian Naharul Istima', Lailatul Istima', dan lain sebagainya. Namun, setelah ini kami akan menyapa warga dengan cara-cara yang lain, seperti halnya pengobatan gratis," tambahnya.


Sementara itu, Ketua Satgas Kesehatan NU Kota Malang, dr Syifa Mustika menuturkan jika pengobatan gratis ini merupakan cek kesehatan secara umum. Dijelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya menyediakan pemeriksaan gratis hingga konsultasi langsung dengan dokter.


"Ini merupakan sinergitas kami dengan PCNU Kota Malang. Selain itu, kami juga menyediakan pemeriksaan kolesterol, gula darah, dan asam urat," tutur dr Syifa Mustika.


Dirinya juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berjalan lancar tanpa ada kendala yang signifikan.


"Alhamdulillah, berjalan lancar tanpa kendala meskipun sudah kami siapkan 50 kuota pengobatan setiap kegiatan. Namun, berhubung saat ini hujan, jadi hanya terdapat 34 pasien yang melakukan cek kesehatan," imbuhnya.


Ia berharap, kegiatan semacam ini bisa terus berlanjut pada bulan Ramadhan berikutnya. "Respons masyarakat cukup baik, jadi kalau bisa dilanjutkan," tutupnya.


Malang Raya Terbaru