• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Malang Raya

Perkuat Kemandirian Ekonomi, GP Ansor Kota Batu Luncurkan Grosir Sahabat

Perkuat Kemandirian Ekonomi, GP Ansor Kota Batu Luncurkan Grosir Sahabat
Peluncuran Grosir Sahabat. (Foto: NOJ/Belgiz)
Peluncuran Grosir Sahabat. (Foto: NOJ/Belgiz)

Malang, NU Online Jatim

Laju perkembangan problematika masyarakat yang semakin cepat membuat kita semua harus responsif terhadap keadaan. Begitu pesan yang disampaikan oleh ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. Salah satu permasalahan yang mendapat perlakuan khusus adalah bidang ekonomi. Untuk itu, penguatan ekonomi menjadi hal yang esensial. 

 

Sebagai tindak lanjut dari pesan yang disampaikan tersebut, Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kota Batu meluncurkan Grosir Sahabat pada peringatan hari lahir GP Ansor ke-87 pada Sabtu (24/04/2021).

 

Grosir Sahabat didirikan guna menjadi membangun kemandirian ekonomi, baik secara personal untuk kader-kader Ansor maupun kemandirian secara organisasi.

 

Ketua Dewan Penasehat GP Ansor Batu, Nurrochman, menjelaskan bahwa Grosir Sahabat didirikan guna menjadi membangun kemandirian ekonomi. Baik secara personal untuk kader-kader Ansor maupun kemandirian secara organisasi.

 

"Sesuai amanah Ketun GP Ansor, kita harus responsif terhadap apa yang berkembang di masyarakat. Khususnya permasalahan di bidang ekonomi. Saya kira sangat tepat jika kita memulainya dengan launching Grosir Sahabat ini," terangnya pada NU Online.

 

Ia memaparkan bahwa Grosir Sahabat juga dapat mewujudkan cita-cita Ansor.

 

"Selain menerapkan nilai-nilai perjuangan, sahabat-sahabat Ansor juga dapat mewujudkan kemandirian ekonomi secara pasti," jelasnya.

 

Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Junrejo dipilih menjadi tempat untuk didirikan Grosir Sahabat ini.

 

"Tempatnya nanti di area kantor MWCNU ini sampai ke depan. Nanti rencananya juga ada pujasera dan sebagainya. Jadi kantor MWCNU ini kita manfaatkan. selain untuk kantor juga untuk pusat kegiatan ekonomi, khususnya untuk sahabat-sahabat yang di PAC kecamatan Junrejo," tambahnya.

 

Toko grosir yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari ini menjadi cikal bakal upaya peningkatan kemandirian ekonomi oleh GP Ansor di kota Batu. 

 

"Grosir Sahabat ini programnya PC. Tapi kita taruh di Pimpinan Anak Cabang (PAC) karena target grosir sahabat ini di masing-masing PAC ada satu," ungkap Zainal Musthofa selaku ketua PC GP Ansor Batu.

 

Di Kota Batu sendiri ada tiga kecamatan. Ia berharap akan ada beberapa tempat yang didirikan Grosir Sahabat.

 

"Jadi ada tiga grosir sahabat nanti targetnya. Kecuali yang untuk Bumiaji nanti di Sumberbrantas ada sendiri. Jadi target kita minimal empat," ujarnya.

 

Ke depan diharapkan kader-kader GP Ansor di Kota Batu dapat berupaya mewujudkan kemandirian. 

 

"Kader GP Ansor juga harus semakin membentengi diri dari paham-paham radikal. Tetap bersatu untuk kejayaan NU," pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru