• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Malang Raya

Puluhan Jamaah Haji KBIHU MWCNU Singosari Tiba di Malang

Puluhan Jamaah Haji KBIHU MWCNU Singosari Tiba di Malang
Jamaah haji KBIHU MWCNU Singosari saat tiba di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Jamaah haji KBIHU MWCNU Singosari saat tiba di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak 446 jamaah haji tahun 2022 asal Kabupaten Malang yang tergabung dalam kloter 13 tiba di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing, Ahad (24/07/2022) pagi. Salah satunya di KBIHU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singosari, Malang yang memberangkat puluhan jamaah.


Ketua KBIHU MWCNU Singosari, H Abdul Ghofur Amin menyampaikan bahwa pihaknya memberangkatkan 29 jamaah haji dari KBIHU MWCNU Singosari.


"Alhamdulillah, 29 jamaah haji yang berangkat ke tanah suci, semuanya sehat hingga tiba di tanah air. Kemudian, 417 jamaah haji asal Kabupaten Malang juga datang dalam kondisi sehat," katanya kepada NU Online Jatim.


Dirinya menyampaikan, bahwa pemangkasan kuota haji dinilai sangat mempengaruhi kondisi calon jamaah haji yang sudah dinyatakan positif berangkat, namun pada akhirnya gagal berangkat.


"Sebelum pemangkasan dan pembatasan usia, jamaah haji di KBIHU MWCNU Singosari yang akan berangkat di tahun ini sekitar 100 jamaah, namun terpangkas hingga 30 persen menjadi 29 jamaah," terangnya.


Kendati adanya pemangkasan, lanjut H Ghofur, namun dalam pelaksanaannya lebih ringan jika dibandingkan pelaksanaan haji sebelum pandemi Covid-19.


"Jamaah haji termuda yang berangkat yakni berusia 38 tahun, sedangkan yang tertua berusia 64 tahun. Semoga tahun depan sisanya bisa berangkat haji semuanya, serta ada tambahan kuota dan tidak ada batasan usia," harapnya.


Pihaknya melaporkan, bahwa jamaah haji KBIHU MWCNU Singosari yang berangkat pada musim haji tahun 2022 tampak bahagia lantaran bimbingan yang tepat saat manasik haji.


"Jamaah senang, karena bimbingan dari kiai-kiai di MWCNU Singosari yang tepat saat manasik, yang akhirnya bisa diimplementasikan saat umroh, tawaf, sa'i, sampai jamarat berjalan lancar," pungkasnya.


Sebagai informasi, kedatangan jamaah haji KBIHU MWCNU Singosari di halaman Kantor MWCNU setempat disambut langsung oleh Rais MWCNU Singosari KH Abdul Hasib Mahfudz beserta tokoh-tokoh lainnya. Selain itu, mereka juga disambut keluarga masing-masing yang menunggu sejak dini hari.


Seperti diketahui, bahwa kloter 13 merupakan keberangkatan jamaah haji Kabupaten Malang yang komplit, yakni 446 jamaah. Kala itu, mereka diberangkatkan Bupati Malang HM Sanusi bersama Ketua MUI Kabupaten Malang KH Fadhol Hija dan Rais PCNU Kabupaten Malang KH Zainul Arifin di Pos Lantas Karanglo, Singosari, Sabtu (11/06/2022) lalu.


Malang Raya Terbaru