• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Malang Raya

Saat Tangis Haru Sambut Jamaah Haji di KBIHU "Al - Ittihad" Malang

Saat Tangis Haru Sambut Jamaah Haji di KBIHU "Al - Ittihad" Malang
Penyambutan Kedatangan Jamaah Haji di KBIHU "Al - Ittihad" Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jum'at (22/07/2022) sekitar pukul 20.45 WIB. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Penyambutan Kedatangan Jamaah Haji di KBIHU "Al - Ittihad" Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jum'at (22/07/2022) sekitar pukul 20.45 WIB. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online JatimĀ 

Sebanyak 138 jamaah haji asal Kabupaten Malang yang tergabung dalam kloter 10 sudah tiba di Embarkasi Surabaya, Jumat (22/07/2022) siang.


Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Malang, Abd Salam, menyampaikan bahwa jamaah haji Kabupaten Malang tiba di Embarkasi Surabaya sekitar pukul 13.30 WIB.


"Nanti, pukul 13.30 insyaallah mendarat di Juanda, bapak," kata Abd Salam singkat melalui pesan WhatsApp, Jumat (22/07/2022) sekitar pukul 12.40 WIB.


Setelah jamaah haji tiba di tanah air langsung dilakukan screening sesuai SOP yang ada sebelum dipulangkan ke kota/kabupaten masing-masing.


Setelah dilakukan screening, jamaah haji dipulangkan ke kota/kabupaten masing-masing. Kedatangan jamaah haji pun disambut antusias oleh keluarga dan kerabat seperti halnya di KBIHU "Al - Ittihad" Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jumat (22/07/2022) sekitar pukul 20.45 WIB.


Ketua KBIHU "Al - Ittihad", H Idris Firdaus, menyampaikan bahwa secara keseluruhan jamaah haji yang berangkat dari kelompoknya sejumlah 26 jamaah.


"Alhamdulillah, semuanya sehat tidak ada masalah, screeningnya juga hasilnya baik," tutur H Idris Firdaus kepada NU Online Jatim di halaman Yayasan Pondok Pesantren "Al - Ittihad" Poncokusumo.


Ia menjelaskan, sejatinya jamaah haji yang berangkat dari KBIHU "Al - Ittihad" di tahun 2022 sejumlah 67 jamaah.


"Namun, karena ada pembatasan dan pemangkasan usia, maka yang diberangkatkan hanya 26 jamaah saja," tambahnya.


Sementara itu, salah seorang jamaah haji, Temun Wahid, menyampaikan perasaan bangga karena bisa menunaikan ibadah haji.


"Alhamdulillah, nikmat sekali, di sana seakan-akan dibeli rakyat Indonesia, semua rakyat Indonesia merasa bahagia, karena penjagaan ketat dari keamanan," ucapnya.


Dirinya juga merasa bahagia lantaran pelayanan haji dari Pemerintah Indonesia sangat memuaskan.


"Pelayanan haji dari Indonesia sangat mewah, sehari bisa makan 4 kali. Bahkan kami sering diberi makan orang buah-buahan, dan lain sebagainya," terang warga Tumpang tersebut.


Editor:

Malang Raya Terbaru