• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Malang Raya

Tekad Cetak Kader Mujtahid, PMII Kota Malang Gelar PKL

Tekad Cetak Kader Mujtahid, PMII Kota Malang Gelar PKL
PKL ke-23 yang digelar PMII Kota Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
PKL ke-23 yang digelar PMII Kota Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Malang menggelar Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke-23 di BLK Wonojati, Kecamatan Singosari, kota setempat, dimulai Rabu (23/02/2022) hingga Selasa depan (01/03/2022). Diharapkan, dari PKL tercetak kader bermental mujtahid.


Moh Sa’i Yusuf, Ketua PC PMII Kota Malang, mengatakan bahwa PKL bertajuk PMII dan Tantangan 5.0 ini diikuti 73 peserta, dan 17 peserta di antaranya merupakan peserta dari luar daerah, seperti dari Bandar Lampung, Kolaka, dan daerah lainnya. Pelaksanaan PKL diberlakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat.


"Persoalan kesehatan, tentunya seluruh peserta sudah ada persyaratan vaksin dan khusus teman-teman yang bergejala serta yang berasal dari luar daerah tentunya kami imbau untuk membawa hasil swab-nya masing-masing," kata Sa’i.


"Secara nilai, PKL ini berbicara proses dekontruksi terhadap kader. Paling tidak seluruh peserta nantinya bisa mengkritik serta merefleksikan tentang keberadaan PMII itu sendiri. Sejauh mana perkembangan PMII hari ini, sejauh mana keterlibatan PMII dalam nilai, dan lain sebagainya," imbuh Sa’i.


Dia menjelaskan, diharapkan para peserta PKL nantinya mampu menjadi kader yang bermental mujtahid, yaitu yang bisa berijtihad dengan potensi dirinya untuk kepentingan agama, bangsa dan organisasi.


"Selepas PKL, karena teman-teman title-nya mujtahid, maka kami berharap bisa berijtihad, bisa mengamalkan, dan mengupgrade pengetahuan serta intelektual kader. Selain itu, kami juga berharap teman-teman bisa menjadi fasilitator kepada kader, baik di rayon maupun komisariat," tandas Sa’i.


Malang Raya Terbaru