• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Matraman

AIS Nusantara Luncurkan Logo Kopdarnas, Berikut Maknanya

AIS Nusantara Luncurkan Logo Kopdarnas, Berikut Maknanya
Logo Kopdarnas VI AIS Nusantara. (Foto: NOJ/ ISt)
Logo Kopdarnas VI AIS Nusantara. (Foto: NOJ/ ISt)

Pacitan, NU Online Jatim
Arus Informasi Santri (AIS) Nusantara adalah sebuah komunitas digital yang diinisiasi beberapa admin media sosial Instagram yang berbasis pesantren di tanah air, juga admin beberapa portal media santri dan Islam Aswaja. Akhir 2022 nanti, AIS Nusantara akan melaksanakan Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) ke-VI di Pesantren Maslakul Huda, Kajen Pati, Jum’at-Ahad (02-04/12/2022).


Dalam agenda ini, AIS Nusantara mengangkat tema ‘Bersama Pesantren Indonesia Keren, Bersama Santri Indonesia Hepi’. Harapannya, dapat mempertemukan konten kreator pesantren dari berbagai wilayah untuk berbagi pengalaman, mengevaluasi, dan merencanakan visi-misi AIS Nusantara.


Ketua Kopdarnas AIS Nusantara, Muallif Wijdan Kayis menjelaskan, saat ini AISNU telah mengalami perjalanan tiga titik balik. Dari yang mulanya eksklusif hanya untuk mewadahi Admin Instagram Santri (AIS), hingga kemudian mengevaluasi diri dengan memperluas jangkauan menjadi Arus Informasi Santri (AIS) Nusantara untuk menjangkau komunitas santri yang lain.


“Dan akhirnya Desember 2021 mengubah visi kembali dengan upaya melakukan pengembangan kapasitas santri di bidang teknologi, informasi, dan komunikasi,” katanya saat dikonfirmasi NU Online Jatim.


AIS Nusantara meluncurkan logo Kopdarnas ke-6 sekaligus Kick Off pada Jumat (28/10/22) lalu. Logo ini didesain dengan kandungan makna yang sangat mendalam dan sejalan dengan tema Kopdarnas ke-6 AIS Nusantara di kajen.


Filosofi Logo
Logo Kopdarnas ke-6 AIS Nusantara terinspirasi dari Masjid Jamik Kajen yang memiliki arsitektur bercorak Jawa. Meskipun sudah mengalami tiga kali pemugaran tetapi keaslian dari masjid ini tetap dijaga.


Menara Masjid Jamik Kajen yang juga memiliki ikonik dan bergaya arsitektur Jawa adalah sebagai bentuk dasar logo. Pada puncak menara dihiasi dengan mustaka atau mahkota organik yang mencerminkan puncak kedudukan atau kekuasaan tertinggi (Allah SWT).


Terdapat angka 6 di tengah logo bermakna setelah dua tahun tidak menyelenggarakan Kopdarnas, akhirnya komunitas AIS Nusantara kembali menyelenggarakan Kopdarnas dengan menggelorakan tagar #SantriInEveryUniverse .


Bagian bawah logo merupakan pondasi dan pilar yang merepresentasikan menjaga nilai atau ajaran lama yang baik. Bagian berlubang merepresentasikan keterbukaan, menerima nilai atau ajaran baru yang lebih baik.


Selanjutnya, bentuk hati bermakna kasih sayang sesuai dengan ajaran Islam rahmatan lil alamin. Hal ini juga sesuai dengan misi AIS Nusantara dalam menyajikan konten yang sejuk, ramah dan penuh cinta.


Matraman Terbaru