• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Matraman

Aksi Heroik Banser di Trenggalek Gunakan Tali Salurkan Makanan ke Korban Banjir

Aksi Heroik Banser di Trenggalek Gunakan Tali Salurkan Makanan ke Korban Banjir
Banser di Trenggalek mendistribusikan makanan siap saji. (Foto: NOJ/Dokumen Ansor)
Banser di Trenggalek mendistribusikan makanan siap saji. (Foto: NOJ/Dokumen Ansor)

Trenggalek, NU Online Jatim

Aksi heroik ketika air menggenangi Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek, Selasa (18/10/2022)  juga dilakukan Fatkhul Munit, Ketua PAC GP Ansor Karangan.

 

Dirinya mengirimkan makanan menggunakan tali seadanya karena genangan air di sekitar Pondok Pesantren Ar Ridwan cukup tinggi, sehingga sulit untuk dijangkau.

"Kami menyalurkan konsumsi ke Pondok Ar Ridwan menggunakan tali tambang, karena saking tingginya air. Ketinggian air di Pondok Pesantren Ar Ridwan ke barat sekitar di bawah leher yaitu setinggi 1,5 meter," ungkap Fatkhul Munit.

 

Selama satu hari penuh, ia bekerja sama dengan TNI/Polri. Baik mendistribusikan makanan, hingga menjangkau warga yang masih terisolir. Tidak hanya berhenti di situ, pihaknya diminta untuk menguburkan hewan ternak.

 

"Karena seharian ikut bergerak, permintaan dari warga untuk mengubur puluhan kambing dan sapi belum terlaksana. Lelah menjadi kendala Banser untuk mengubur hewan ternak dengan jumlah yang relatif banyak," terangnya.

 

Data yang dihimpun NU Online Jatim melalui BPBD Trenggalek Posko Kedaruratan BPBD Trenggalek, lokasi pengungsian terdapat di Kantor Kecamatan Trenggalek, Kantor Basarnas, Warung Trimo Tamanan, Masjid Baru Ngadirenggo Kecamatan Pogalan.

 

Setidaknya ada 7.900 warga yang terdampak banjir di lima kecamatan, yaitu Trenggalek, Pogalan, Karangan, Gandusari dan Durenan.


Matraman Terbaru