• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Matraman

Ansor-Banser Dirikan Dapur Umum Bantu Terdampak Banjir di Trenggalek

Ansor-Banser Dirikan Dapur Umum Bantu Terdampak Banjir di Trenggalek
PAC GP Ansordan Banser Gandusari, Trenggalek mendirikan dapur umum Bantu terdampak banjir. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
PAC GP Ansordan Banser Gandusari, Trenggalek mendirikan dapur umum Bantu terdampak banjir. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Gandusari, Trenggalek berinisiatif mendirikan dapur umum untuk membantu warga terdampak banjir akibat hujan deras di Trenggalek.


Ketua PAC GP Ansor Gandusari, Agus Syamsul Nur Arifin mengungkapkan, dapur umum yang didirikan Ansor dan Banser Gandusari bersifat spontan. Sebab, yang paling dibutuhkan masyarakat ialah makanan, sedang mereka tidak memungkinkan untuk memasak akibat banjir yang melanda.


"Kita secara spontan membuat dapur umum dengan tujuan sedikit meringankan beban warga yang terdampak banjir. Kita tidak bisa memasrahkan semua kepada pemerintah, kita coba melakukan apa yang sekiranya kita mampu," ujarnya, Sabtu (08/10/2022).


Perihal logistik bahan makanan, pihaknya menginstruksikan kepada kader Ansor dan Banser di wilayah Gandusari yang tidak terdampak untuk membantunya secara sukarela. Instruksi itu mendapat respons luar biasa meski yang diberikan bahan seadanya.


"Tanpa berlama-lama mereka membawa bahan-bahan pokok, seperti beras, mie instan, sayur, telur dan lain sebagainya," papar mantan aktivis PMII ini.


Menurut Gus Syamsul, dapur umum tersebut terletak di Desa Gandusari, tepatnya di kediaman Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser Gandusari. Tempat itu dipilih dengan pertimbangan lokasi yang tidak terdampak banjir dan akses distribusi ke lokasi banjir cukup dekat.


“Kebutuhan makanan pokok di lokasi terdampak dikomunikasikan dengan Tim Tagana yang berada di lokasi banjir. Hal itu agar diketahui titik lokasi yang membutuhkan bantuan ataupun yang sudah diberi bantuan,” ucapnya.


Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini mengungkapkan, personel yang diterjunkan ialah seluruh kader Ansor-Banser yang tidak terdampak. Pihaknya pun membaginya dalam beberapa tim.


“Ada tim yang menjemput bahan mentah bila ada sumbangan dari warga masyarakat atau anggota yang menitip bahan pokok. Tim kedua bertugas mengolah masakan, tim ketiga bagian distribusi, dan yang terakhir untuk anggota yang berada di lokasi,” jelasnya.


Diketahui, banjir tidak hanya menggenang di Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Dari berbagai informasi, banjir juga menggenang di sejumlah titik lain, di antaranya Kecamatan Kota, Kecamatan Kampak, dan sebagian di Kecamatan Pogalan.


Matraman Terbaru