• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Matraman

Bagana di Madiun Kompak Bantu Korban Angin Puting Beliung

Bagana di Madiun Kompak Bantu Korban Angin Puting Beliung
Bagana Madiun saat membantu perbaikan rumah korban angin puting beliung. (Foto: NOJ/ Ali Makhrus)
Bagana Madiun saat membantu perbaikan rumah korban angin puting beliung. (Foto: NOJ/ Ali Makhrus)

Madiun, NU Online Jatim

Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang empat desa di wilayah Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun pada Rabu (15/12/2021) siang.


Akibat peristiwa tersebut, ratusan rumah milik warga di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, Jatirejo dan Ngadirejo Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun rusak. Dilaporkan, ada sebanyak 208 rumah rusak. Kerusakan paling parah ada di Desa Sidomulyo.


Melihat situasi tersebut, Banser Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Madiun bergerak membantu warga membersihkan puing-puing rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Mereka bahu-membahu memperbaiki rumah milik warga.


Dalam pantauan di lapangan, tampak juga sejumlah aparat pemerintah daerah. Seperti tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, anggota TNI-Polri, dan Forkompimda. Serta relawan turut serta dalam kerja bhakti memperbaiki rumah warga yang roboh.


Istamar, koordinator lapangan Bagana Ansor Madiun mengatakan, meski tidak sampai menelan korban jiwa, namun kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.


"Masih dalam proses pendataan terhadap rumah yang rusak oleh pemerintah setempat," tutur pria yang akrab disapa Kang Ge tersebut.

 



Peristiwa ini juga menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Madiun, Ahmad Dawami, dan Forkompimda bahkan hadir meninjau langsung kondisi 3 desa di Wonoasri pada Jum'at, (17/12/21).


​​​​​​​Penulis: Ali Makhrus

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru