• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Matraman

Berdayakan Warga Desa di Blitar, LAZISNU Jatim Salurkan Bantuan Puluhan Juta Rupiah

Berdayakan Warga Desa di Blitar, LAZISNU Jatim Salurkan Bantuan Puluhan Juta Rupiah
Program Besantara NU Care-LAZISNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/Anita)
Program Besantara NU Care-LAZISNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/Anita)

Blitar, NU Online Jatim

Program Bina Desa Nusantara hadir kembali, kali ini NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZISNU) Jawa Timur menyalurkan kepada masyarakat desa di Kabupaten Blitar. Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur, A Afif Amrullah menyampaikan bahwa ada tiga bantuan yang disalurkan dalam agenda tersebut.

 

"Ada tiga jenis bantuan yang kami salurkan. Pertama, bantuan modal usaha. Hal ini mencakup memberikan modal dana sebesar satu juta rupiah, ada juga berupa bantuan gerobak. Bantuan yang kedua pemberian beasiswa kepada santri dari kaum dluafa atau biasa disebut Besantara (Beasiswa Santri Nusantara),"

 

Bantuan ketiga berupa kambing bergulir yang diberikan kepada petani atau guru ngaji.

 

“Kambing bergulir ini menggunakan konsep, masyarakat diberi kambing laki-laki dan perempuan, setelah perempuannya memiliki anak, lalu kambing jantan betina ini diberikan kepada orang lain. Sedangkan anaknya dipelihara sendiri. Ini namanya bantuan kambing bergulir,” kata A Afif Amrullah kepada NU Online Jatim. 

 

Masih Gus Afif, Bina Desa Nusantara merupakan salah satu ikhtiar LAZISNU Jatim dalam berkontribusi untuk membangun bangsa melalui gerakan filantropi.

 

“Dengan ini kami mengajak masyarakat NU untuk terus mendukung program kemanusiaan LAZISNU dengan menyalurkan dana Zakat Infaq dan Sedekah kepada LAZISNU. Karena dalam pertanggungjawaban kami jelas dan sistem lengelolaan sangat jelas, tentu kami akan menyalurkan dengan tepat dan cepat,” lanjut pria kelahiran Lamongan ini.

 

Dosen Universitas Sunan Giri (UNSURI) tersebut mengimbuhkan bahwa salah satu bentuk dakwah yang efektif selain tausiyah adalah dengan berdonasi.

 

“Sesuai dengan hadits Rosulullah, bahwa 'kekufuran itu dekat dengan kekafiran', maka dengan memberi dan menyalurkan bantuan secara tidak langsung kita berdakwah,” jelas Magister Ekonomi Islam UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

 

Gus Afif, begitu karib disapa, mengungkapkan bahwa agenda yang digelar pada Sabtu (19/12/2020) tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH. Marzuqi Mustamar.

 

"Alhamdulillah dihadiri langsung oleh Kiai Marzuqi Mustamar Ketua PWNU Jawa Timur, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Blitar Blitar, Pengurus NU Care LAZISNU Kab Blitar, Pengurus NU Care LAZISNU di tingkat Kecamatan dan Ranting,” pungkasnya.

 

 

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru