• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Matraman

Gerak Cepat, Banser di Ponorogo Evakuasi Pohon Tumbang yang Tutup Jalan

Gerak Cepat, Banser di Ponorogo Evakuasi Pohon Tumbang yang Tutup Jalan
Salah satu anggota Banser Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo saat berjibaku mengevakuasi pohon tumbang, Selasa (02/02/2021). (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)
Salah satu anggota Banser Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo saat berjibaku mengevakuasi pohon tumbang, Selasa (02/02/2021). (Foto: NOJ/ Zen Muhammad)

Ponorogo, NU Online Jatim

Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo kembali berjibaku mengamankan pohon tumbang yang menimpa jalan raya. Anggota Banser dengan sigap membantu warga dalam memotong pohon tumbang yang terjadi di wilayahnya, Selasa (02/02/2021) sore.

 

Hujan lebat disertai angin menjadi penyebab pohon tumbang di dua titik di wilayah Kecamatan Jenangan. Yakni di Jl Raya Jenangan - Ngebel tepatnya di kawasan Selayon Jenangan dan Tanjungsari Jenangan.

 

Bonandir Perangkat Desa Tanjungsari mengatakan, sekitar pukul 17.00 WIB hujan deras disertai angin mulai menerjang wilayah Kecamatan Jenangan. Beberapa waktu kemudian ada informasi dari warga bahwa terjadi pohon tumbang. "Kita cek lokasi, ternyata benar ada 2 titik lokasi," katanya.

 

Tak berfikir lama, Bonandir memanggil warga sekitar untuk mengevakuasi pohon yang melintang ke jalan Raya Jenangan-Ngebel tersebut. Termasuk anggota Banser yang sudah bersiap. "Saat ada sahabat Banser. Terus manggil bantuan dan bawa alat. Jadi ada 8 personel Banser dan warga sekitar," terangnya.

 

Selain itu, Bonandir juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang untuk berkoordinasi. "Karena pas ada gergaji mesin dan alat pemotong. Kita bantu petugas untuk evakuasi," paparnya.

 

Sementara itu, Ardi anggota Banser yang terlibat bersama  7 sahabatnya menambahkan, dirinya tanpa diminta jika ada kejadian alam yang sekiranya mampu mereka membantu maka tanpa diminta akan melaksanakan khidmat tersebut guna memberi manfaat.

 

"Tetap kita berkoordinasi dengan aparat terkait. Jadi untuk evakuasi dan lainnya kita tidak sembarangan," jelasnya.

 

 

Ardi juga menyampaikan kepada para pengguna jalan jika melintas di jalan raya Jenangan-Ngebel agar waspada dan hati-hati. Selain jalannya ada beberapa lubang juga khawatir adanya pohon tumbang.  "Kita ngga tau yang terjadi, namun berhati-hati lebih baik, sebagai ikhtiar untuk selamat," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru