• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Matraman

Hadir di Jombang, KH Ma'ruf Amin: Santri Bisa Jadi Presiden

Hadir di Jombang, KH Ma'ruf Amin: Santri Bisa Jadi Presiden
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin saat berada di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Jumat (03/06/2022). Foto: Setwapres
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin saat berada di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Jumat (03/06/2022). Foto: Setwapres

Jombang, NU Online Jatim

Para santri harus memiliki cita-cita setinggi langit. Tak semata puas dengan yang diraih para pendahulu, juga bisa melakukan lompatan dengan prestasi yang membanggakan. Santri bisa menjadi apa saja, termasuk presiden dan wakil presiden.


Penegasan disampaikan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin saat berada di Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Jumat (03/06/2022).


"Santri itu bisa jadi apa saja. Bisa jadi kiai, bisa jadi bupati, bisa jadi gubernur, bisa jadi menteri, bisa jadi presiden, bisa jadi wakil presiden," katanya dikutip dari siaran pers. 


KH Ma'ruf Amin mengingatkan, yang terpenting adalah para santri melaksanakan setiap tugas dan mimpinya dengan niat karena Allah SWT. Sebaliknya, tidak boleh diniatkan karena untuk kepentingan duniawi seperti menjadi pemimpin, mencari kedudukan, mencari harta, atau menjadi ingin lebih hebat di tengah teman-temannya. 


"Tidak boleh selain niat lillahi ta'ala," kata Kiai Ma'ruf. Ia juga memberikan semangat dan mendoakan para santri agar sukses melanjutkan perjungan para ulama dan mengisi kemerdekaan. 


"Mudah-mudahan nanti ada yang jadi pimpinan nasional. Siapa tau yang jadi presiden, wakil presiden nanti dari santri Darul Ulum," ujarnya. 


Selain memotivasi para santri, dalam kunjungannya itu, Ma'ruf juga mendirikan shalat Jumat di Masjid Pondok Pesantren Darul Ulum, menyaksikan penyerahan bantuan santripreneur, serta  bersilaturahmi dengan keluarga besar pesantren.


KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Ada sejumlah agenda yang akan dilaksanakan wapres selama tiga hari, antara lain meninjau pembangunan hunian masyarakat, dan napak tilas ke sejumlah pondok pesantren pendiri Nahdlatul Ulama (NU).


Informasi dalam situs wapresri.go.id, Kamis (02/06/2022), Wapres bersama Wury Ma’ruf Amin istrinya, pagi ini berangkat ke Surabaya kemudian melanjutkan perjalanan menuju Lumajang untuk mengecek langsung pembangunan hunian tetap dan hunian sementara korban erupsi Gunung Semeru.


Hari kedua, wapres berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Rejoso, Peterongan sekaligus berziarah ke makam KH Romly Tamim. Berikutnya ke Pondok Pesatren Amanatul Ummah, dan Institute K.H Abdul Chalim, di Mojokerto.


Kemudian ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. Dan terakhir meresmikan Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha), serta berziarah ke makam pahlawan nasional KH Abdul Wahab Hasbullah.


Editor:

Matraman Terbaru