• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 7 Juli 2022

Matraman

Harlah, Pagar Nusa di Trenggalek Unjuk Atraksi dan Seni Bela Diri

Harlah, Pagar Nusa di Trenggalek Unjuk Atraksi dan Seni Bela Diri
Salah satu atraksi dari anggota PSNU Pagar Nusa Karanganom, Durenan, Trenggalek saat Harlah ke-5. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Salah satu atraksi dari anggota PSNU Pagar Nusa Karanganom, Durenan, Trenggalek saat Harlah ke-5. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Trenggalek, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Lahir (Harlah) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Ranting Karanganom, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Ahad (05/12/2021). Dalam usianya yang ke-5 tahun, rangkaian peringatan diselipi penampilan atraksi seni bela diri hingga atraksi debus.

 

Ketua PSNU Pagar Nusa Karanganom, Solikin mengungkapkan, acara Harlah itu diisi dengan pemotongan tumpeng dan penampilan seni bela diri dan atraksi. Total pesilat Pagar Nusa di Desa Karanganom berjumlah puluhan.
 

"Total (anggota) sekitar 70-an. Mereka semuanya merupakan pemuda desa setempat," kata Solikin selepas acara potong tumpeng di lokasi acara yang dipusatkan Kampung MTs Agrowisata Desa Karanganom.

 

Pertama kali yang ditampilkan ialah seni bela diri oleh empat pesilat dengan lentur dan indah. Dilanjutkan dengan beberapa siswa yang memperagakan adegan berbahaya dengan dipukul menggunakan kayu, tumpukan genting, melumurkan pecahan kaca di seluruh tubuh, hingga menyemburkan api.

 

Pembina PSNU Pagar Nusa Karanganom, Waras Septiyono mengatakan, acara Harlah kali ini lumayan bagus untuk menambah persaudaraan antar anggota dan siswa, termasuk jajaran banom NU di Desa Karanganom. 

 

Dirinya pun berharap, agar pasilat di daerah perbatasan Trenggalek ini bisa lebih kompak dan maju, yakni dengan membawa perubahan yang baik untuk masyarakat.

 

"Acara harlah ini sebagai wadah silaturahim. Saya berharap, ini membuat Ranting Pagar Nusa Desa Karanganom semakin maju," ujar Waras.

 

Pria yang kerap disapa Ki Putra Eka Aditya itu menambahkan, potensi pesilat di tapal batas Trenggalek atau di Desa Karanganom bisa menjadi peluang untuk terus dikembangkan dengan mengikuti sejumlah ajang agar berprestasi serta untuk menjaga kondusifitas daerah setempat.

 

"Potensi persatuannya baik semua, beberapa pernah mengikuti kejuaraan di tingkat Kabupaten. Serta yang hadir ada dari Pagar Nusa dari Ligas," tuturnya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) setempat, Kamali memberikan nasihat kepada pesilat yang tergabung dalam banom NU agar tetap bersemangat.

 

Hal tersebut agar nanti dapatb terus berjaya dan berguna bagi nusa dan bangsa. Serta selamat di dunia dan akhirat, dan menjadi orang-orang yang beruntung.

 

 

"Mudah-mudahan kita semua dimudahkan hajatnya oleh Allah SWT. Dan terus dibimbing ke jalan yang lurus dan benar, serta diberikan kesehatan dhahir dan batin," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru