• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Matraman

IPNU-IPPNU di Ponorogo Laksanakan Kaderisasi di Pesantren

IPNU-IPPNU di Ponorogo Laksanakan Kaderisasi di Pesantren
Makesta yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Slahung, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).
Makesta yang diadakan PAC IPNU-IPPNU Slahung, Kabupaten Ponorogo. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).

Ponorogo,  NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo menggelar kaderisasi formal tingkat pertama yaitu Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Makesta kali berbeda dengan biasanya, sebab dilaksanakan di Pondok Pesantren Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo.

 

Acara ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19 hingga 21 Maret 2021. Adapun peserta yang mengikuti yaitu 26 orang. Kegiatan yang dilaksanakan ini menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

 

Kegiatan ini diadakan atas dasar kekhawatiran pengurus PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Slahung terhadap paham-paham radikal yang saat ini semakin mengakar dan berusaha menjangkiti para pelajar. Baik di tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengan Atas (SMA) bahkan sampai di kampus-kampus keislaman negeri maupun swasta.

 

"Kegiatan Makesta ini adalah sebuah bentuk pengawalan terhadap keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari paham-paham radikal yang berideologi khilafah. Serta bentuk edukasi terhadap para pelajar di Ponorogo khususnya di Kecamatan Slahung agar menjadikan jati diri pelajar yang faham akan Islam yang rahmatan lil 'alamin dan berhaluan faham Ahlusunnah wal Jama'ah An-Nahdliyah," kata Desi Erviana, Ketua PAC IPPNU Slahung.

 

 

Kegiatan ini juga diharapkan mampu mencetak generasi pemimpin yang akan menjadi penerus organisasi.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru