• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Matraman

Ketua Basada Nganjuk Produksi Minyak Oles, Kencangkan Kulit hingga Keseleo

Ketua Basada Nganjuk Produksi Minyak Oles, Kencangkan Kulit hingga Keseleo
Ketua Basada Nganjuk menunjukkan kemujaraban minyak oles bikinannya. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)
Ketua Basada Nganjuk menunjukkan kemujaraban minyak oles bikinannya. (Foto: NOJ/Haafidh Nur Siddiq Yusuf)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pengobatan tradisional dengan sarana teh rupanya terus mengalami tren positif. Tak hanya bisa dijadikan minyak balur untuk merawat kulit, produksi minyak teh hijau ini juga dijadikan obat untuk menyembuhkan gigitan serangga dan pijat.


Salah satu produsen minyak dapat ditemukan rumah Kepala Satuan Khusus (Satsus) Banser Husada (Basada) Kabupaten Nganjuk Darwanto, di Desa Mojorembun, Kecamatan Rejoso. Proses produksinya masih skala rumahan, dan dilakukan dengan cara-cara yang masih manual dan tradisional.


“Minyak ini saya beri nama Bobok Oles Serbaguna Cap 99 Mujarab,” ungkap Darwanto kepada NU Online Jatim, Kamis (07/04/2022).


Darwanto menceritakan, ide pembuatan minyak oles ini muncul lantaran ia memperoleh ilmu tentang kesehatan saat mengikuti pelatihan Basada di sejumlah tempat serta membaca literasi.


Dalam beberapa penelitian, dikatakan kandungan teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, sehingga jika dimanfaatkan akan menghasilkan nilai ekonomi lebih.  Dasar yang digunakan untuk menentukan kualitas teh hijau adalah karakteristik sifat luar, yaitu warna teh kering hijau muda dan hijau kehitaman.


“Adapun racikan minyak oles, selain teh hijau, adalah garam yodium, moringa, ziziphusmauritiana, kunyit, jeruk nipis, dan bahan-bahan lain yang memiliki manfaat sejenis,” terang mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro tersebut.


Khasiat dari bubuk oles ini bukan isapan jempol belaka. Meski masih dianggap sebagai pengobatan tradisional, namun manfaatnya sudah banyak yang merasakan dari keampuhan minyak teh hijau ini.


“Paling sering digunakan adalah sebagai minyak balur atau minyak urut dalam pengobatan tradisional. Dapat juga digunkan untuk mengencangkan kulit, melemaskan otot kaku atau pegal-pegal, keseleo, kram, dan saraf kecethit,” jelasnya.


Ada banyak testimoni yang sudah mengonsumsi minyak ini. Ia menyebut, testimoni itu datang dari ibu yang tersengat kalajengking. Diyakini, dengan mengoles minyak ‘Bobok Oles Serbaguna 99’ dapat membuat peradangan berangsur membaik.


Bagi yang ingin memesan produk minyak bobok oles ini dapat menghubungi Darwanto di nomor WhatsApp 0878-7943-2818 dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 25 ribu per botol.


Matraman Terbaru