• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Matraman

Kisah Perjuangan Kader IPPNU Ngawi Jadi Duta Baca

Kisah Perjuangan Kader IPPNU Ngawi Jadi Duta Baca
Kader IPPNU Ngawi, ndina Lestariningtyas, terpilih jadi Duta Baca. (Foto: NOJ/Dewin Sukoco).
Kader IPPNU Ngawi, ndina Lestariningtyas, terpilih jadi Duta Baca. (Foto: NOJ/Dewin Sukoco).

Ngawi, NU Online Jatim

Kader Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Ngawi, Andina Lestariningtyas, merupakan sosok perempuan yang memiliki ragam prestasi. Di balik prestasinya tersebut ada kisah inspiratif yang membersamai perjuangannya.

 

Kisah perjuangannya tersebut bermula saat perempuan yang akrab disapa Andin ini meraih juara 1 Duta Baca Kabupaten Ngawi tahun 2017 lalu. Raihan ini menurutnya terjadi secara kebetulan. Kala itu, dirinya ditawari oleh seorang gurunya saat di bangku kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs).

 

“Saya pun mengikuti Seminar Duta Baca yang membahasa seputar literasi. Saat itu, seminar dihadiri oleh Esti Kinasih, penulis novel Jingga dan Senja,” tutur Andin, Senin (23/08/2021).

 

Dalam ajang tersebut, lanjut Andin, lembaga sekolah ia menimba ilmu mendelegasikan tiga orang siswa, termasuk dirinya. Namun, yang lolos hanya dua orang. “Saat itu yang lolos hanya saya dan Irma (nama temannya),” ujarnya.

 

Kendati menjadi utusan sekolah, tidak serta merta dukungan sepenuhnya ia dapatkan. Banyak ujian dan rintangan yang ia hadapi. Celaan dan hinaan kerap ia dapatkan. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan tekadnya yang kuat mengikuti ajang tersebut.

 

“Berkat semangat dan tekad yang kuat, serta motivasi dan dukungan dari ibu, saya terus maju dan tidak patah arang,” imbuh Andin.

 

Dukungan lain ia peroleh dari seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah ia belajar. Dari guru BK itulah dirinya mendapat banyak motivasi dan belajar banyak tentang arti kehidupan.

 

“Darinya saya bisa bangkit dari tekanan. Bahkan, dia menasihati saya agar ketika tampil nanti menyampaikan sesuatu dengan apa adanya sesuai yang terjadi agar bisa dipahami banyak orang,” kisahnya.

 

Dengan penuh keyakinan dan percaya diri, Andin pun tampil dengan semangat yang luar biasa. Hingga akhirnya dinobatkan sebagai juara 1 Duta Baca Kabupaten Ngawi.

 

Penulis: Dewin Sukoco

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru