Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

LPPNU Nganjuk Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik

LPPNU Nganjuk Ajak Petani Beralih ke Pupuk Organik
Proses pembuatan pupuk organik oleh petani Nganjuk. (Foto: NOJ/Hafidz Y).
Proses pembuatan pupuk organik oleh petani Nganjuk. (Foto: NOJ/Hafidz Y).

Nganjuk, NU Online Jatim

Ketua Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Nganjuk, Ahmad Syaikhu, mengajak petani kembali ke alam atau menggunakan pupuk organik untuk pertaniannya.

 

Menurut Syaikhu, jargon kembali ke alam harus terus dilakukan oleh petani untuk menghapuskan ketergantungan pada pupuk kimia.

 

“Seperti yang dilakukan petani di Desa Salamrejo, Kecamatan Berbek, Nganjuk. Secara berkelompok, mereka bahu-membahu membuat pupuk organik yang akan digunakan untuk tanamannya,” ujarnya, Rabu (25/08/2021).

 

Menurut Syaikhu, upaya tersebut perlu dilakukan karena penggunaan pupuk organik dapat membantu memperbaiki kualitas tanah pertanian. Selain itu, kandungan bahan-bahan kimia sintetis juga berdampak negatif bagi tubuh manusia.

 

"Kami sudah melakukan penyuluhan bersama Dinas Pertanian mengenai manfaat pupuk organik dalam pengelolaan lahan pertanian. Dan alhamdulillah, masyarakat Nganjuk sudah banyak yang mempraktikkannya," imbuh Syaikhu.

 

Pembuatan pupuk organik, lanjut Syaikhu, dapat menggunakan limbah rumah tangga dan limbah kotoran ternak. Dengan adanya pengolahan limbah tersebut, diharapkan dapat membantu petani maupun peternak untuk meningkatkan daya dukung lingkungan.

 

“Meliputi peningkatan dalam hasil pertanian, produksi tanaman, dan dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan,” tegas Syaikhu.

 

Terkait dengan kegiatan-kegiatan LPPNU Nganjuk, pihaknya melakukan komitmen bersama petani Nahdliyin untuk melakukan pertanian organik. Hal tersebut sebagai upaya pemberdayaan ekonomi bangsa menuju kemandirian dan kedaulatan pangan.

 

“Mengutip perkataan Rais Akbar Nahdlatul Ulama Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari, bahwa petani adalah penolong negeri. Maka panen raya tanaman organik kita jadikan timeline dalam pemberdayaan ekonomi tersebut,” pungkasnya.

 

Penulis: Hafidz Yusuf

Editor: A Habiburrahman

Terkait

Matraman Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini