• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Matraman

Manfaatkan Limbah Masker, Anggota Fatayat NU di Madiun Belajar Kerajinan Keset

Manfaatkan Limbah Masker, Anggota Fatayat NU di Madiun Belajar Kerajinan Keset
Ranting Fatayat NU Desa Batok, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun saat pelatihan pembuatan keset berbahan kain perca. (Foto: NOJ/ Mirna)
Ranting Fatayat NU Desa Batok, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun saat pelatihan pembuatan keset berbahan kain perca. (Foto: NOJ/ Mirna)

Madiun, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting (PR) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Desa Batok, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun menggelar pelatihan pembuatan keset berbahan kain perca. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal keterampilan dan pemberdayaan ekonomi kepada anggotanya.

 

Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini diikuti oleh seluruh anggota PR Fatayat NU Desa Batok. Pelatihan pembuatan keset dengan kain perca ini dilaksanakan di rumah salah satu anggota Fatayat, Linda Pratiwi, Kamis (05/11/2020).

 

Dalam pembuatan keset ini, bahan kain perca didapat dari sisa pembuatan masker pada kegiatan ‘Berbagi 1000 Masker’ dalam rangka Pencegahan Covid 19 Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Madiun beberapa waktu lalu.

 

Ketua PR Fatayat NU Desa Batok, Sutini menyampaikan, pada pelatihan ini peserta belajar bersama-sama dan tidak mendatangkan pelatih khusus. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat dan menjadikan penghalang.

 

“Pada saat itu kami mencari pelatih dari instansi namun semua tidak bisa. Jadi, kami berinisiatif untuk belajar otodidak dari youtube,” ujar Sutini.

 

Kegiatan ini memiliki kesan yang menarik bagi pesertanya. ”Alhamdulillah, Fatayat NU bisa memberikan kesempatan bagi kami untuk dapat mengisi waktu luang dengan hal yang positif dan bermanfaat. Saya berharap semoga Fatayat NU dapat terus menghadirkan kegiatan yang menumbuhkan semangat berkarya,”   kata Intan Nopita, salah satu anggota.

 


 

Anggota yang lain, Anis juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan pembuatan keset ini sangat bagus karena dapat meningkatkan kreativitas serta mempererat silaturahmi antar anggota.

 

“Semoga Fatayat NU semakin maju, dan mampu memunculkan ide-ide kegiatan yang membuat anggotanya semakin kreatif serta menambah solidaritas antar anggota,” tutur Anis.

 

Penulis: Mirna Nur Asyiah

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru