• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Matraman

Momen Idul Adha, Pondok Tremas Rutin Gelar Pelatihan Manasik Haji

Momen Idul Adha, Pondok Tremas Rutin Gelar Pelatihan Manasik Haji
Manasik haji. (Foto: NOJ/Anwar)
Manasik haji. (Foto: NOJ/Anwar)

Pacitan, NU Online Jatim
Sebagaimana tradisi pada tahun sebelumnya, perayaan Idul Adha atau lebaran haji dimanfaatkan Perguruan Islam Pondok Tremas, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan untuk mengadakan bimbingan manasik haji kepada santri Madrasah Aliyah (MA). Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman depan masjid pondok setempat, Ahad (10/07/2022).

 

Ratusan santri yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias melaksanakan pelatihan manasik. Di antaranya wukuf di arafah, melakukan thawaf (keliling ka’bah), sa’i di bukit shafa dan marwah, melempar jumrah, meminum air zam-zam, serta sejumlah tahapan lainnya.

 

Salah seorang panitia pelatihan manasik haji, Alex Arju Maulana menyampaikan bahwa pelatihan manasik haji ini adalah program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Meskipun sebatas pelatihan, diharapkan mereka bisa belajar dan memahami tentang ibadah haji dan kelak bisa mengamalkannya.

 

“Pelatihan manasik haji ini diikuti oleh santri Madrasah Aliyah kelas 1 dan 2. Semoga dengan adanya pelatihan suatu saat cita-cita kita untuk menunaikan ibadah haji bisa terwujud,” ujar santri asal lampung tersebut.

 

Disampaikan Alex, selain santri aliyah pelatihan ini juga diikuti oleh siswa Taman Kanak-kanak (TK) Attarmasi. Menurutnya, nilai keagamaan harus disampaikan dan ditanamkan kepada anak usia dini.

 

“Kami memulai pelatihan manasik haji agak siang, sebelumnya juga ada pelatihan manasik dari TK Attarmasi,” imbuhnya.

 

Di tengah pelaksanakan manasik haji, tampak beberapa santri mengenakan atribut sebagaimana jamaah haji semestinya. praktek manasik berjalan dengan lancar, hikmat dan menyenangkan. Terbukti ketika acara telah selesai banyak santri yang mengabadikan momen pelaksanaan manasik dengan berfoto di depan miniatur ka’bah dan tempat lainnya.

 

“Alhamdulillah, saya sangat senang kegiatan ini berjalan dengan lancar. Tidak lupa kami juga mengabadikan momen ini dengan berfoto agar suatu saat kita alumni masih bisa mengenang,” pungkasnya.


Matraman Terbaru