• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Matraman

Muhammad Ilham, Nakhoda Baru Ansor Ponorogo

Muhammad Ilham, Nakhoda Baru Ansor Ponorogo
Muhammad Ilham, nakhoda PC GP Ansor Ponorogo masa khidmat 2021-2025. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)
Muhammad Ilham, nakhoda PC GP Ansor Ponorogo masa khidmat 2021-2025. (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah)

Ponorogo, NU Online Jatim

Konferensi Cabang (Konfercab) ke XVII Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo usai digelar, Sabtu (04/12/2021). Kegiatan yang dipusatkan di Institut Agama Islam Sunan Giri (Insuri) Ponorogo ini menetapkan Muhammad Ilham sebagai nakhoda Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Ponorogo masa khidmat 2021-2025. 

 

Sidang pleno pemilihan tersebut berlangsung pukul 16.00-17.00 WIB, dan dipimpin langsung oleh Harun Prasetyo selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur.

 

"Alhamdulillah, terima kasih kepada sahabat GP Ansor Ponorogo yang telah memberikan amanah ini kepada saya," ungkap Muhammad Ilham.

 

Ilham mengatakan, bahwa dirinya bukanlah kader terbaik. Namun, karena amanah tersebut telah dibebankan di pundaknya, maka tidak boleh ia harus siap. Dirinya berharap, agar kader Ansor Ponorogo lebih giat dan kompak guna majunya organisasi.

 

“Saya berharap, sahabat-sahabat lebih semangat dan kompak agar Ansor Ponorogo semakin maju dan masif kaderisasinya,” ujarnya kepada NU Online Jatim.

 

Pria kelahiran 24 Juli 1983 ini merupakan pemuda yang berjiwa aktivis dan memiliki loyalitas tinggi terhadap organisasi. Pengabdian diawali dengan menjadi Wakil Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Sambit, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat (PMII) Insuri pada tahun 2007, dan akhirnya terpilih Presiden Mahasiswa di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Insuri tahun 2007.

 

Pada tahun 2013, pria asal Desa Bancangan, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo ini mulai bergabung di PC GP Ansor Ponorogo di bidang advokasi. Kemudian diamanahi sebagai Sekretaris PC GP Ansor Ponorogo selama 2 periode, yaitu masa khidmat 2016-2017 dan 2017-2021.

 

Alumni MA Al-Islam Mlarak ini memulai jenjang kaderisasi di Ansor mulai dari Pendidikan dan Pelatihan Dasar  (Diklatsar) tahun 2012, Pendidikan Kepemimpinan Dasar (PKD) tahun 2014.

 

Tak hanya itu, Ilham juga telah lulus Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Mojokerto pada tahun 2016, serta Pendidikan Kader Lanjutan (PKL) tahun 2017 di Bojonegoro.

 

Ilham berharap, nantinya PC GP Ansor Ponorogo dapat menciptakan  program yang sesuai dengan visi misi dari Pimpinan Pusat (PP) yang mencangkup empat hal. Yakni revitalisasi nilai tradisi, penguatan kaderisasi, masifnya organisasi, dan kemandirian organisasi.

 

"Untuk menciptakan kemandirian organisasi kami akan mencari formula yang tepat yang berkaitan dengan perekonomian,” tandasnya.

 

 

Diketahui, Konfercab ke XVII GP Ansor Ponorogo ini diikuti oleh 21 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 253 Pimpinan Ranting (PR) se-Kabupaten Ponorogo.

 

Editor: A Habiburrahman


Matraman Terbaru